Comscore Tracker
FINANCE

5 Bank Terbesar di Dunia, Didominasi oleh China

Puluhan cabang di berbagai negara

5 Bank Terbesar di Dunia, Didominasi oleh Chinailustrasi uang (unsplash.com/Jason Leung)

by Surti Risanti

Bank terbesar di dunia adalah bank yang memiliki nilai aset yang fantastis. Nilai aset yang dimiliki bila ditotalkan bisa mencapai triliunan dolar AS. Selain itu, bank tersebut memiliki cabang yang tersebar di beberapa negara lainnya.

Mungkin bila di Indonesia, Anda familiar dengan bank lokal seperti BCA, BNI, BRI, Mandiri, dan lain-lain. Beberapa bank tadi adalah bank terbesar di Indonesia yang memiliki nilai aset yang sangat besar.

Namun, bila diurutkan secara global, berikut deretan bank terbesar di dunia berdasarkan laporan dari S&P Global. Simak selengkapnya. 

1. JP Morgan Chase (US$3,74 triliun)

Bank JP Morgan Chase

Bank terbesar di dunia adalah JP Morgan Chase. Bank asal Amerika Serikat ini sangat terkenal dan memiliki aset yang sangat fantastis.

Pada awal mulanya, JP Morgan Chase merupakan hasil dari gabungan beberapa bank merger dan akuisisi, seperti Bear Stearns, Washington Mutual, Bank One, JP Morgan, dan Chase Manhattan.

Meski baru berdiri pada tahun 2000, tetapi total aset yang dimiliki JP Morgan Chase adalah sebesar US$3,74  triliun. Adapun sebanyak 25 ribu orang pegawai yang dimiliki dan hadir di ratusan pasar.

2. Bank of China (US$4,20 triliun)

Bank of China

Berdiri sejak tahun 1912, Bank of China masuk ke dalam jajaran bank yang memiliki nilai aset yang besar yaitu US$4,20 triliun.

Bank of China berpusat di Kota Beijing dan menjadi bank tertua di negara China. Bank ini memiliki cabang sebanyak 51 negara dan wilayah. Termasuk di New York, Paris, Karanchi, Lisbon, dan Montreal.

Pada awalnya, Bank of China memiliki legalitas untuk menerbitkan uang kertas di daerah China. Akan tetapi, kebijakan tersebut telah dialihkan ke wilayah administrasi khusus, yakni Hong Kong dan Makau.

3. Agricultural Bank of China (US$4,57)

Agricultural Bank of China

Bank terkaya di dunia yang memiliki nilai aset yang besar adalah Agricultural Bank of China. Adapun total aset yang dimiliki lebih dari US$4,57.

Selain itu, bank ini memiliki 24 ribu cabang di daratan China, 320 juta pelanggan ritel dan 2,7 juta klien. Bank ini juga memiliki cabang di beberapa bagian negara lainnya, seperti Tokyo, Sydney, Seoul, Singapura, London, dan Hong Kong.

Agricultural Bank of China didirikan tahun 1951, merupakan hasil gabungan dua bank utama, yaitu Farmers Bank of China dan Coorperation Bank. Adapun program unggulan dari bank ini adalah membantu para petani.

4. China Construction Bank Corporation (US$4,76 triliun)

China Construction Bank Corporation

Lagi-lagi bank terbesar datang dari negara tirai bambu, yaitu China Construction Bank Corporation (CCBC). Nilai aset yang dimiliki mencapai 4,76 triliun US Dolar. 

Bank ini didirikan pada tahun 1943 dan saat ini menjadi kepemilikan pemerintah China, tepatnya di Kementerian Keuangan China. Meksi begitu, beberapa periode Bank of America sempat memiliki saham di CCBC sebesar 10 persen.

Adapun CCBC berfokus pada berbagai bidang, yakni mulai dari perbankan investasi, perbankan ritel, perbankan koperasi, layanan manajemen keuangan, dan ekuitas swasta.

Tercatat total cabang yang dimiliki adalah 13,6 ribu untuk wilayah domestik dan sejumlah operasi tersebar di luar negeri, termasuk Eropa, Amerika Serikat, dan Hong Kong.

5. Industrial and Commercial Bank of China (US$5,53 triliun)

China Construction Bank Corporation

Bank terbesar di dunia salah satunya adalah Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) dengan total aset mencapai lebih dari US$ 5,53 triliun. 

ICBC memiliki 5,7 juta nasabah corporate banking dan 530 juta nasabah personal banking. Selain itu, bank ini juga beroperasi di 42 negara dan wilayah di dunia.

Itulah tadi kelima bank terbesar di dunia yang memiliki nilai aset yang besar dan jumlah cabang yang tersebar di seluruh negara.

Related Articles