14 Rekomendasi Wisata Seni di Singapura yang Menarik Dikunjungi

Dari jalan sampai museum, rasakan wisata seni di Singapura.

14 Rekomendasi Wisata Seni di Singapura yang Menarik Dikunjungi
Pameran di ArtScience Museum When Art Meets Science/Dok. TeamLab
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Singapura, FORTUNE - Singapura menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi masyarakat Indonesia. Namun, tak banyak yang tahu kalau ada banyak tujuan wisata seni di Singapura. The Lion City juga punya destinasi yang artsy di setiap sudutnya, mulai dari jalan hingga museum.

Sebagai negara multikultural, Singapura menawarkan pengalaman menarik bagi setiap wisatawan yang  berkunjung. Bagi Anda pecinta seni dan budaya, Singapura adalah destinasi yang tepat untuk  menyelam lebih jauh mengenai visual art. Berbagai media seni di Singapura memiliki identitas khas  Singapura.  

Dari seni pahat, lukisan, kaligrafi, keramik, seni kertas dan kain, seni pertunjukan, film, serta musik  mencerminkan perjalanan panjang sejarah Singapura jauh sebelum masa kolonial hingga saat ini  menjadi sebuah negara merdeka. Jalanan, pusat perbelanjaan, hotel, sampai museum di Singapura  merayakan seni dengan corak Singapura sebagai sebuah negara yang multikultural. 

Mulai dari mengunjungi galeri seni dan museum, pameran akbar seni tahunan, ikut serta dalam  aktivitas seni, hingga berbelanja dan menjadi kolektor barang-barang seni dari Singapura. 

Dengan menelusuri seni visual di Singapura, Anda akan merasakan pengalaman liburan yang  berbeda dan sangat Instagrammable. Singapore Tourism Board merekomendasikan beberapa tujuan berikut ini yang bisa memuaskan dahaga para pecinta seni.

1. Art Porters Gallery

Art Porters Gallery/Dok. Sochig.sg

Berkunjung dari satu galeri ke galeri seni lain adalah aktivitas yang seru bagi Anda para pecinta seni, salah satunya Art Porters Gallery.

Didirikan bersama oleh Guillaume Levy-Lambert dan Sean Soh pada 2013, Art Porters Gallery dipersenjatai dengan sebuah misi: berbagi kebahagiaan dengan seni. Sebagai galeri seni kontemporer, galeri ini percaya mampu membuat seni dapat diakses secara estetika, emosional, hingga intelektual.

Terletak di daerah kota yang menawan di Spottiswoode Park Road, Art Porters Gallery bertempat di sebuah rumah Peranakan yang indah. Koleksi karya seni berfokus pada seni kontemporer dari seniman lokal Singapura dan internasional.

Anda bisa merasakan wisata seni di Singapura dan menemukan berbagai media seni di sini. Mulai dari lukisan, gambar, pahatan, foto, dan animasi digital. Art Porters Gallery juga rutin menyelenggarakan pameran khusus bagi para seniman.

2. Gajah Gallery

Pameran di Gajah Gallery/Dok. IndoArtNow

Selama bertahun-tahun, Gajah Gallery berkomitmen mendukung seniman terkemuka dan seniman baru Asia Tenggara untuk memperkenalkan bakat mereka ke ranah internasional.

Galeri ini juga berkolaborasi dengan Singapore Art Museum (SAM) dan National University of Singapore Museum untuk menyelenggarakan pameran seni minimal lima pameran setiap tahun. Selain menjadi destinasi wisata seni di Singapura, Gajah Gallery juga memiliki cabang lain di Yogyakarta yang tak kalah menarik.

3. Cuturi Gallery

Dok. Cuturi Gallery

Galeri seni kontemporer ini menjadi salah satu tujuan favorit wisata seni di Singapura. Di dalamnya ada koleksi berbagai karya seni lukisan dan pahatan dengan berbagai gaya aliran seni.

Pendiri galeri Kevin Troyano Cuturi menghadirkan ekosistem seni yang inlusif dan demokratis untuk mendorong kolaborasi antara seniman, kolektor, dan industri seni.

Ia juga mendorong semangat kewirausahaan seniman untuk memastikan para seniman dapat terus bebas berkarya tetapi tetap sejahtera. Salah satunya dengan cara transparasi harga.

4. Gillman Barracks

Pameran karya seniman Jepang Yayoi Kusama di Gillman Barrack/Dok. Female Singapore

Gillman Barracks adalah galeri seni besar yang menempati bekas barak militer dari 1936. Tempat ini adalah wadah bagi para seniman terkenal dan baru dari Asia.

Seiring waktu, Gillman Barracks menjadi komunitas besar bagi seniman, para pencinta seni, kolektor, dan siapa pun yang penasaran dengan karya seni.

Lokasi Gillman Barracks dikelilingi taman hijau yang asri, lengkap dengan restoran yang tersedia sehingga membuat pengunjung semakin betah merasakan wisata seni di Singapura.

5. Singapore International Festival of Arts 2022

Singapore International Festival of Arts 2022 (Sifa) /Dok. Sifa

Acara seni tahunan terbesar, Singapore International Festival of Arts (SIFA) juga akan kembali hadir pada 20 Mei hingga 5 Juni membawa tema The Anatomy of Perfomance–Ritual.

SIFA tahun ini menampilkan karya-karya baru oleh campuran seniman lokal dan internasional. Tentu menjadi salah satu tujuan wisata di Singapura yang tak boleh Anda lewatkan.

Menjadi platform bagi seniman lokal dan internasional dari berbagai disiplin ilmu dan perspektif untuk berkolaborasi dan bertukar ide, SIFA 2022 adalah katalisator untuk persimpangan kreatif dan inovasi artistik yang berani.

Sebelum pembukaannya pada Mei mendatang, kamu juga dapat memulai perjalanan SIFA 2022 melalui venue virtual baru, LifeProfusion.

6. National Gallery Singapore

National Gallery Singapore/Dok. HSL Constructor

National Gallery Singapore adalah tempat yang sempurna buat para pencinta seni, budaya, dan sejarah. Galeri ini merupakan rumah bagi koleksi seni modern paling lengkap di Singapura dan Asia Tenggara.

National Gallery Singapore juga memiliki berbagai program menarik bagi pengunjung dan program kolaboratif bersama seniman yang bisa Anda saksikan untuk memuaskan dahaga wisata seni di Singapura.

Selama pandemi, rutin pula diadakan acara virtual yang tayang di Facebook Live. Anda dan anak-anak juga dapat berkontribusi dengan ikut membuat karya seni seperti seni puisi.

Setiap tahun National Gallery Singapore juga rutin menyelenggarakan Gallery Children’s Biennale untuk menanam empati dan kepercayaan diri anak melalui seni yang imajinatif dan interaktif.

7. ArtScience Museum

Pameran di ArtScience Museum When Art Meets Science/Dok. TeamLab

Gedung ArtScience Museum yang ikonik dapat dengan mudah kamu kenali saat berkunjung ke Singapura. Gedung rancangan arsitek dunia Mosh Safdie terinpsirasi dengan bentuk bunga yang mekar.

Tak hanya fasad gedung yang indah, di ArtScience Museum kamu juga dapat menemukan ragam karya seni yang indah dan menakjubkan. Koleksi ArtScience Museum menggabungkan teknologi dan seni.

Anda dapat melihat dan mencoba pengalaman interaktif dengan karya seni di sini untuk menambah pengalaman wisata seni di Singapura. Misalnya, pameran Human+ yang menggambarkan masa depan augmentasi manusia, cyborg, dan klon.

Ada juga pameran Disney: Magic of Animation dengan teknologi dan nuansa artistik animasi 3D yang pasti disukai anak-anak.

Selama masa pandemi, ArtScience Museum juga mengajak pengunjung dari berbagai belahan dunia untuk ikut aktivitas virtual dan mengundang seniman serta musisi bertalenta.

8. Museum of Ice Cream

Museum of Ice Cream Singapura/Dok. TimeOut

Museum yang baru buka pada Agustus 2021 menampilkan seni instalasi yang Instagramable. Sekilas tampilan Museum of Ice Cream mengingatkan tentang film penuh imajinasi, Willy Wonka & The Chocolate Factory.

Warna instalasi di museum ini dominan merah muda dan warna pastel lainnya. Ada 14 instalasi multi sensori yang interaktif, membawa pengunjung untuk bebas berimajinasi.

Museum ini juga menyediakan aneka es krim dengan rasa-rasa yang unik, dari rasa pulut (ketan) hitam sampai leci Bandung. Museum of Ice Cream bisa jadi awal memperkenalkan seni pada anak dengan suasana yang menyenangkan, serta melengkapi pengalaman wisata seni di Singapura.

9. Kampong Gelam's Gelam Gallery

Mural di Kampong Gelam's Gelam Gallery/Dok. Visit Kampong Gelam

Merasakan pengalaman wisata seni di Singapura tak lengkap jika Anda belum melihat street art mural-mural cantik buatan seniman mural lokal dan internasional. 

Tak jarang, seniman mural diundang pengelola distrik di Singapura untuk mempercantik lingkungan. Bagi Anda yang berkunjung ke Singapura, lokasi paling tepat untuk menikmati mural di Singapura ada di Kampong Gelam's Gelam Gallery, karena setiap sudut di jalanan ini dipenuhi gambar mural yang cantik. Bahkan, sebutan lain untuk Kampong Gelam's Gelam Gallery adalah galeri seni luar ruang.

Tipe mural di Kampong Gelam's Gelam Gallery adalah warnanya yang berani dan bersemangat seperti mural buatan seniman asal Kolombia Didier Jaba Mathieudi Bazuka Rooftop Bistro (122 Arab Street), at Blu Jaz Cafe (11 Bali Lane) and at Piedra Negra (241 Beach Road).

Kampong Gelam's Gelam Gallery juga dipenuhi kafe menarik bagi Anda yang ingin bersantai setelah berfoto di antara mural-mural cantik.

10. Singapore River

Mural Wild Beginnings di Singapore River/Dok. Singapore River

Di lorong under pass Singapore River terdapat Underpass Mural yang sangat cantik. Lokasinya Instagramable dengan percahayaan yang sempurna.

Mural-mural di sini di antaranya mural Gala-Mother Earth yang menampilkan keindahan alam, The Dove, The Dragon and The Clock yang menampilkan suasana taman bermain erai 1970-1980-an, dan The Early Days yang menggambarkan Singapura pada masa lampau. Sudah siap bernostalgia saat wisata seni di Singapura?

11. Puzzle mural Under The Same Sun

Puzzle Mural Under The Same Sun karya ZERO/Dok. Visit Kampong Gelam

Mural inisiasi Singapore Tourism Board ini adalah mural puzzle kolaboratif, antara seniman Singapura dan Indonesia.

Melalui inisiatif “SingapoReimagine”, karya mural kolaboratif ini bertujuan untuk menggambarkan pariwisata Singapura untuk membayangkan perjalanan dari perspektif yang lebih segar dan baru.

Mural Under The Same Sun di Indonesia karya seniman Adi Dharma atau Stereo flow hadir di MBloc Space Jakarta. Sementara mural dengan tema yang sama buatan Zulkarnaen Othman atau ZERO dapat kamu temui di Kampong Gelam Singapura, sepanjang Bali Lane dan Ophir Road.

Kedua mural yang menjadi tujuan wisata seni di Singapura ini punya makna mendalam, yaitu jarak bukanlah penghalang bagi masyarakat global untuk saling mengerti dan menjalin koneksi, khususnya selama masa pandemi.

Semua orang melalui situasi bersamadan bersatu di bawah matahari yang sama, meskipun terpisah, tidak bisa terhubung, dan tidak dapat melakukan perjalanan untuk saat ini.

12. Living with Art

Living With Art/Dok. Tatler Asia

Living with Art adalah toko seni yang menjual karya seni mulai dari lukisan, patung, hiasan dinding, jam dinding seni, dan wallpapers.

Koleksi seni di sini cocok untuk interior rumah dan terkenal lengkap, serta tersedia dalam berbagai aliran gaya khususnya untuk lukisan. Tentu sayang jika Anda lewatkan saat merasakan wisata seni di Singapura.

Menariknya, Anda juga bisa meminta karya seni sesuai kebutuhan melalui Living with Art. Rentang harga lukisan di sini juga beragam, sehingga bisa mendapatkan harga karya seni yang terjangkau.

13. Knuckles & Notch

Knuckles & Notch/Dok. Knuckles & Notch

Knuckles & Notch di Waterloo Street menjadi lokasi yang tepat untuk mencari karya seni yang berhubungan dengan budaya pop. Cocok untuk membeli buah tangan sambil menikmati wisata seni di Singapura.

Toko ini menjual berbagai poster dan desain cetak lain dibuat dengan warna neon yang berani, serta gambar yang mencolok. Karya seni di sini sangat cocok untuk koleksi atau interior ruangan.

Anda bisa menemukan poster yang terinspirasi dari film horor Indonesia 1980-an yang terkenal khas, gambar yang terinspirasi dari film karya sineas Hongkong, Wong Kar Wai, sampai animasi Jepang terkenal misalnya tokoh ikonik dari film-film Ghibli. 

14. Arto Gallery

Arto Gallery Apps/Dok. Timeout.com

Galeri seni ini adalah galeri spesial dan berbeda dari biasa. Meskipun secara virtual, Anda tetap bisa menikmati berbagai karya seni visual Singapura dari aplikasi smartphone. Arto Gallery bisa menjadi penawar bagi Anda yang belum bisa menikmati wisata seni di Singapura secara langsung.

Aplikasi menggunakan algoritma khusus untuk melakukan kurasi terhadap karya seni yang sesuai selera pengguna. Koleksi karya seni di Arto Gallery terbilang fantastis karena ada lebih dari 20.000 karya seni dan 65 seniman yang tergabung.

Arto Gallery juga menjadi saluran bagi para seniman untuk menjual hasil karya mereka langsung ke konsumen.

Itu dia rekomendasi wisata seni di Singapura yang bisa Anda kunjungi, baik secara langsung maupun virtual. Namun, sembari berwisata jangan lupa tetap terapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19. Sebagai informasi, Singapura juga menyelenggarakan kampanye SG Clean untuk menjamin standar kebersihan di tempat umum dari berbagai industri, termasuk industri MICE, pariwisata, dan layanan makanan. 

SG Clean dibuat untuk keamanan dan kenyamanan semua orang, termasuk Anda yang  berkunjung ke Singapura khususnya pada masa pandemi Covid-19. Saat ini jumlah penerima vaksin di Singapura mencapai lebih dari 85 persen dari populasi. Selamat menikmati wisata seni di Singapura!

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M