Comscore Tracker
LUXURY

3 Flagship SUV Tanah Air, Mewah dan Tangguh di Segala Medan

Mercedes-Benz, BMW, dan Lexus bersaing menjadi superior.

3 Flagship SUV Tanah Air, Mewah dan Tangguh di Segala MedanThe New Mercedes-Benz GLS 450 4MATIC AMG Line/Dok. Mercedes-Benz

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Pasar SUV sport utility vehicle (SUV) premium di Tanah Air masih menggeliat, ditopang oleh konsumen dari kalangan pebisnis dan eksekutif yang menginginkan kendaraan tangguh di berbagai kondisi jalan. Dua brand asal Jerman, Mercedes-Benz dan BMW masih mendominasi pasar premium, tapi mahakarya dari para Takumi Lexus asal Jepang memiliki penggemarnya sendiri.

Kilas balik sejenak, perjalanan Mercedes-Benz di Indonesia bermula pada 1970. Enam tahun kemudian, tepatnya tahun 1976 BMW menyusul ke Indonesia. Ada pula Lexus yang turut meramaikan segmen luxury SUV. Di Indonesia, Lexus pertama kali dipasarkan secara resmi mulai pada 2007. Ketiganya menawarkan tunggangan mewah yang mumpuni untuk segala medan. Mana yang akan Anda pilih?

Rekam jejak mengenai ketiga brand otomotif dan flagship SUV anyar ditorehkan dalam Majalah Fortune Indonesia edisi September 2021 yang juga menyajikan secara komprehensif 100 Perusahaan Terbesar di Indonesia dalam daftar FORTUNE 100.

The New Mercedes-Benz GLS

The New Mercedes-Benz GLS 450 4MATIC AMG Line dijuluki ‘S Class di segmen SUV’. Kendaraan ini merupakan SUV terbesar dan termewah yang diproduksi Mercedes-Benz. Diluncurkan pada 2020, generasi ketiga dari GLS Class ini mengalami banyak penyempurnaan sejak diperkenalkan pada 2006. 

Ketangguhan terlihat pada fasad depan dengan gril oktagonal bersudut lembut nan tegap. Lampunya mengadopsi sistem Multibeam LED disokong Adaptive Highbeam Assist Plus. 

Dibanding pendahulunya, eksterior The New Mercedes-Benz GLS 450 4MATIC AMG Line lebih lebar 22 milimeter dan lebih panjang 77 milimeter. Di dalamnya, penumpang akan dimanjakan dengan All Digital Instrument Cluster Mercedes-Benz User Experience (MBUX) yang dilengkapi dua layar 12,3 inci.

The New Mercedes-Benz GLS dibekali mesin enam silinder 3.000 cc yang mampu menghasilkan 367 tenaga kuda dan torsi 500 Newton meter, ditambah dorongan torsi 250 Newton dan 22 tenaga kuda sebagai ekstra output melalui sistem mild hybrid EQ Boost. Harga GLS 450 4MATIC AMG Line per Juli 2021 adalah Rp2,19 miliar (off-the-road).

Dilansir dari Car and Driver, Jumat (18/11) banyak rumor mengatakan bahwa Mercedes-Benz telah menghentikan sebagian besar mesin V-8 dari jajarannya untuk tahun 2022, yang berarti model GLS580, yang ditenagai oleh 483-hp twin-turbocharged 4.0-liter V-8, tidak akan lagi ditawarkan.

Artinya GLS 450 akan jadi satu-satunya line up teratas di jajaran SUV Mercedes-Benz. Kabarnya pada 2022, Mercedes akan menyematkan teknologi terbaru yang disebut E-Active Body ControlTeknologi baru ini berupa sistem kamera terintegrasi yang mengawasi jalan di depan. Kamera dapat memindai gundukan atau lubang dan menyesuaikan suspensi yang sesuai, sehingga pengendara lebih merasa lebih nyaman.

The New BMW X7

The New BMW X7 xDrive 40 Opulence adalah produk rakitan lokal yang merupakan babak baru dari BMW Story of Luxury. Flagship keluarga BMW X ini menjadi simbol kemewahan.  

Dari sisi eksterior tak banyak perbedaan antara mobil completely knocked down (CKD) dengan versi completely built up (CBU) buatan Jerman. Perbedaan tampak berbeda hanya desain velg 21 inci Y-spoke style 752 Bicolour yang lebih agresif dan kokoh pada versi CKD, serta bagian samping yang lebih tegas dengan trim Chrome Opulence. BMW X7 CKD hadir dengan panjang 5.151 mm, lebar 2.000 mm, tinggi 1.805 mm, dan ground clearance 221 mm.

Mesinnya didukung oleh enam silinder 3.000 cc yang menghasilkan daya 340 horsepower dan torsi 450 Newton meter. Tenaga itu disalurkan ke empat roda melalui sistem sistem all-wheel-drive BMW xDrive TwinPower Turbo dengan TwinScroll turbochargers, High Precision Direct Injection, serta transmisi otomatis 8 percepatan. BMW X7 xDrive40i Opulence ditawarkan pada kisaran Rp2,29 miliar (off-the-road).

Apa yang baru untuk 2022? BMW hanya membuat sedikit perubahan pada paket pilihan jajaran X7. Sementara pengisian daya perangkat nirkabel tidak lagi standar, Bluetooth ditingkatkan, dan model M50i kini hadir dengan kerai listrik alih-alih yang manual untuk jendela baris kedua. Dilengkapi pula dengan The Dynamic Handling Package yang lengkap, seperti rem M Sport yang ditingkatkan, stabilisasi suspensi aktif, dan sebagainya. Namun, rear-wheel steering tidak lagi tersedia sebagai opsi individual pada model xDrive40i.

Lexus LX570 Sport

Mengawali 2019, Lexus menambah pilihan baru dalam jajaran kasta tertinggi produk SUV dengan memperkenalkan LX 570 Sport, varian sporty dari seri sebelumnya. SUV eksklusif yang didatangkan langsung dari Jepang ini diniagakan dengan harga estimasi Rp 3,25 miliar (off-the-road), lebih mahal dibandingkan dua rival Jermannya. Mengapa?

Mobil ini dibekali mesin terkuat dan terbesar di kelasnya, dengan kapasitas 5.700 cc naturally aspirated (NA) V8 yang menghasilkan 362 horsepower. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis delapan percepatan dengan turbo untuk menjaga tenaganya tetap stabil. 

Desain terbaru LX 570 Sport semakin mencerminkan karakter powerful, prestigious, dan elegan melalui signature spindle grille sport yang didesain oleh para Takumi Lexus (Lexus Craftsman). Mobil ini juga sudah punya fitur crawl control yang dapat mengendalikan gas, rem, dan transmisi, sehingga pengemudi hanya perlu fokus pada manuver setir. 

Pada 2022 kabarnya Toyota akan memboyong New Lexus LX 600. Seperti juga model sebelumnya LX 570, SUV Jepang ini punya banyak keunggulan. Tak hanya desain yang gagah, tapi juga fitur offroad yang membuatnya bisa menjelajah ke mana saja. 

Penyempurnaan pada New Lexus LX 600 2022 salah satunya menghadirkan mesin baru, yakni V6 3,5 liter twin-turbo yang menggantikan mesin 5,7 liter. Terdapat peningkatan yang cukup signifikan pada angka performanya, tenaga maksimalnya mencapai 409 hp dan tendangan torsinya mencapai 649 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 10 percepatan baru yang pada generasi sebelumnya menggunakan 8 percepatan.

Related Articles