Comscore Tracker
LUXURY

Desain Bespoke Terbaik Rolls-Royce Sepanjang 2021

Kreativitas dan imajinasi ciptakan desain kelas dunia.

Desain Bespoke Terbaik Rolls-Royce Sepanjang 2021Rolls-Royce 102EX/Dok. Rolls-Royce

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Rolls-Royce Bespoke mencapai rekor pada tahun 2021. Pencapaian ini memperkuat posisi marque sebagai House of Luxury sejati. Belum pernah terjadi pada tahun sebelumnya dan di luar prediksi, House of Rolls-Royce pun mencapai hasil penjualan tahunan tertinggi dalam sejarah 117 tahun marque. 

“Pada tahun 2021, kami mengirimkan 5,586 mobil kepada klien di seluruh dunia, setelah bekerja sama dengan klien untuk lebih memperluas batas kreativitas dalam Kolektif Bespoke kami. Ini telah menghasilkan beberapa komisi yang benar-benar luar biasa,” kataTorsten Müller-Ötvös, kepala eksekutif produsen mobil asal Inggris itu.

Rolls-Royce sekali lagi membuktikan keterampilan dan kerja keras tim dalam mendesain mobil sesuai permintaan klien. Pengrajin terus mempertahankan citra Bespoke dengan material berharga dan langka dengan tingkat kreativitas, kerajinan, dan imajinasi tinggi untuk menciptakan keunggulan kelas dunia. 

“Ini memberi saya kesenangan besar untuk membagikan highlight Bespoke 2021 ini,” katanya, dalam keterangan resmi, Selasa (18/1).

Rolls-Royce Bespoke Collective—tim elit yang terdiri dari para insinyur, desainer, dan pengrajin yang berbasis di Home of Rolls-Royce di Goodwood, Inggris—terinspirasi dari peristiwa dan tokoh bersejarah, karya seni terkenal, artefak pribadi, alam, dan dunia arsitektur untuk menciptakan satu set mobil yang benar-benar unik yang memberikan ekspresi pada gaya dan kepribadian individu pemiliknya.

Berikut ini adalah beberapa kendaraan dengan pengerjaan, desain, dan mesin Bespoke yang diselesaikan oleh Luxury House sepanjang 2021.

1. Wraith Kryptos

Tahun 2021 menjadi saksi mobil Wraith Kryptos Collection terakhir dikirim kepada pemiliknya di seluruh dunia, setelah memicu kehebohan sejak tahun 2020 saat koleksi misterius ini diluncurkan. Koleksi ini memiliki sandi tersembunyi, tertanam dalam 'bahasa' desain mobil. Bagi mata telanjang, desain yang unik hanyalah estetika dengan sejumlah elemen yang ditambahkan untuk menciptakan fasad yang dinamis. Namun, di benak klien Rolls-Royce yang penasaran, ada kode yang harus dipecahkan dan dengannya, hadiah unik yang bisa diklaim.

Upaya untuk memecahkan teka-teki tersebut berasal dari seluruh dunia dengan teori yang sangat kompleks dan analisis yang dikirim ke Rumah Rolls-Royce di Goodwood untuk dipertimbangkan. Sampai saat ini, kolaborasi antara penggemar sandi dan klien telah menyelesaikan elemen kode, tetapi resolusi akhir tetap sulit dipahami. Meskipun demikian, perlombaan untuk memecahkan kode Wraith Kryptos berjalan dengan baik dan benar.

2. Kengo Kuma Dawn

Rolls-Royce dan Kengo Kuma menjembatani dunia kemewahan dan arsitektur dengan peluncuran Rolls-Royce Dawn Bespoke yang pertama. The singular motor car ini memulai debutnya sebagai representasi bergerak dari tempat tinggal mewah baru 'The Kita' di pusat Tokyo, dirancang oleh Kengo Kuma dan ditugaskan oleh pengembang properti mewah global Westbank.

Eksterior Dawn dirender dalam Silver Haze, warna multi-faceted yang berbicara tentang abu-abu perak dari bahan struktural inti bangunan. Saat disinari matahari, ia memperlihatkan kilau perunggu, kehangatan yang memantulkan kisi-kisi layar koshi perunggu di bagian luar bangunan dan detail perunggu di bagian dalam. Finishing-nya diliputi tudung perak yang ramping dan coachline hitam yang rapi. Menyatukan interior dan eksterior adalah nuansa hangat dan intim dari panel Royal Walnut berpori terbuka alami di dek belakang, mengacu pada panel Royal Walnut yang kaya di lobi pintu masuk penthouse yang menjulang.

3. Ghost Extended Urban Sanctuary

Mengikuti kesuksesan saat dipasarkan pertama kali, Ghost Extended telah memulai perjalanan Bespoke-nya. Eksplorasi lebih lanjut filosofi desain Post Opulent, yang merayakan substansi material, bukan pernyataan terbuka, Urban Sanctuary memulai ekspresi tinggi dari Parketry. Mengingat efek 'es retak' dari daun jendela kayu pada bangunan paviliun di dalam Yu Yuan Gardens yang bertingkat di Shanghai, mosaik geometris potongan kayu ini diselesaikan dengan veneer Obsidian Ayous pori terbuka yang tidak dipernis. Tema 'retak es' juga direferensikan melalui panel bordir Bespoke di sisipan kursi.

Interior suite memiliki two-tone colorway Navy Blue dan Cashmere Grey, menciptakan pengalaman unik baik mobil sedang dikendarai sendiri, atau dikemudikan sopir. kesan mewah semakin ditegaskan dengan Serenity Seating yang dapat direbahkan dengan sandaran kaki, meniru konfigurasi yang disediakan oleh jet pribadi. Desain elegan ini kontras dengan jahitan Lime Green.

Coachwork Urban Sanctuary mendapat finishing two-tone Gunmetal dan Jubilee Silver yang anggun dengan coachline Lime Green dan garis-garis roda yang semarak, mengingatkan festival lampion Shanghai pada malam hari.

4. Cullinan 50th Anniversary (UAE)

Cullinan yang spektakuler dan unik diciptakan untuk menandai Golden Jubilee bersejarah UEA pada tahun 2021.

Eksterior, dengan finishing Crystal over Arctic White, dihiasi dengan garis pelatih ganda yang dilukis dengan tangan–upper line dalam warna Hotspur Red, dan bagian bawah Fame Green. Efeknya dilengkapi dengan Motif Garis Busa Emas Batangan, bendera nasional dengan warna Merah Hotspur, Hijau Ketenaran dan Hitam pada Motif Pilar C, dan garis-garis tengah roda ganda untuk mewakili Bendera Nasional UEA.

Saat membuka pintu gerbong, pelat tapak yang diterangi dipesan lebih dahulu bertuliskan '50'. Interior sederhana mencerminkan eksterior, dengan kulit Arctic White, Black dan Hotspur Red, dengan Fame Green Contrast Stitch: emblem UEA dibordir di setiap sandaran kepala. Bagian tengahnya adalah motif ulang tahun ke-50 emas yang bertatahkan di fasia, air terjun belakang, dan meja piknik. Kabin interior juga dilengkapi Starlight Headliner yang spektakuler dengan konfigurasi Shooting Star yang unik dalam balutan warna hijau.







 

5. Rolls-Royce Coachbuild: Boat Tail

Penciptaan tiga Boat Tail menandai masa depan yang signifikan bagi gerakan pembangunan pelatih modern, dengan Rolls-Royce mengukuhkan Coachbuilding sebagai perlengkapan permanen dalam portofolio masa depannya.

Coachbuilding adalah ekspresi yang sangat murni dari Rolls-Royce Bespoke, diperuntukkan bagi mereka yang ingin bergerak melampaui batasan yang ada. Rolls-Royce Coachbuild adalah patronase kontemporer dalam bentuk aslinya.

Boat Tail adalah mahakarya buatan tangan dengan proporsi yang besar, di mana bodywork dan interior dirancang dan diproduksi melalui konsultasi yang erat dengan klien, untuk spesifikasi yang tepat. Kreasinya menceritakan kisah romantis sejarah Rolls-Royce, menggemakan desain Boat Tail tetapi tidak secara eksplisit menirunya, menggabungkan tipe tubuh historis dengan desain kontemporer sepenuhnya.

Tiga Boat Tail pertama yang luar biasa dipamerkan di Concorso d'Eleganza Villa d'Este pada Oktober 2021. Yang kedua akan membuat debut publik globalnya di Villa d'Este 2022.

Related Articles