LUXURY

Pharrell Williams Jadi Direktur Kreatif Koleksi Pria Louis Vuitton

Pharrell Williams menggantikan posisi Virgil Abloh.

Pharrell Williams Jadi Direktur Kreatif Koleksi Pria Louis VuittonPharrell Williams/Dok. Louis Vuitton

by Desy Yuliastuti

16 February 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Setelah kosong selama 14 bulan, jenama Louis Vuitton resmi menunjuk Pharrell Williams ebagai Direktur Kreatif. Musisi, produser rekaman, dan desainer ini menjadi penerus Virgil Abloh sebagai Direktur Kreatif Koleksi Pria Louis Vuitton.

Pernyataan tersebut diumumkan rumah mode mewah asal Prancis tersebut pada Selasa, (14/2). Koleksi pertama Pharrell Williams dikabarkan akan debut di Pekan Mode Pria di Paris pada Juni 2023. 

"Aku senang menyambut Pharrell kembali pulang setelah kolaborasi kami pada 2004 dan 2008 untuk Louis Vuitton, sebagai Direktur Kreatif Koleksi Pria terbaru kami," ujar Ketua dan CEO Louis Vuitton, Pietro Beccari dalam sebuah pernyataan, mengutip CNN pada Kamis (16/2).

Beccari percaya pada visi kreatif Williams dan sudah tidak diragukan lagi. Jiwa kreatifnya dalam memimpin Louis Vuitton dinilai akan membawa sebuah babak baru dan sangat seru.

Kabar penunjukkan Williams sudah berembus sekitar setahun setelah kepergian Virgil Abloh pada November 2021 dalam usia ke-41 tahun. Meninggalnya desainer visioner itu mengejutkan industri fesyen dan sektor lainnya. 

Sebelum nama Pharrell Williams diumumkan sebagai Direktur Kreatif yang baru, beberapa kandidat nama juga muncul. Beberapa yang disebutkan, yakni perancang busana Martine Rose, Grace Wales Bonner, Samuel Ross, dan Colm Dillane--sang pendiri label "KidSuper" yang pernah berkolaborasi dengan Louis Vuitton. Keputusan ini pun akhirnya menjawab spekulasi tentang sosok pengganti Abloh.

Jejak karier dan kreativitas Pharrell Williams

Ilustrasi gerai Louis Vuitton. Shuterstock/Sorbis

Nama Pharrell Williams harum di industri musik berkat kariernya yang cemerlang. Pria berusia 49 tahun itu telah meraih 13 Grammy dan mendapatkan nominasi Academy Award untuk lagu “Happy”.

Jiwanya di dunia fesyen juga tidak diragukan. Williams menjadi salah satu pendiri label streetwear Billionaire Boys Club pada 2003 desainer fesyen Nigo. Label tersebut berkolaborasi dengan sederet jenama mewah, termasuk Tiffany & Co., Moncler, dan Adidas. 

Berbagai produk diluncurkan dan menjadi buah bibir, seperti topi cokelat besar yang ia kenakan di Grammy Awards 2014 hingga busana berhiaskan berlian Tiffany yang kini menjadi ciri khasnya. Gaya berpakaian Williams yang berani juga sering sering kali jadi headline mode dunia.

Selama pandemi juga dia pernah merilis alat makan portabel untuk menekan penggunaan alat makan plastik sekali pakai ketika makan di luar.

Pada awal 2022, Williams mengumumkan keterlibatannya dalam proyek hotel baru yang ambisius di Bahama dan akan dibuka tahun depan.

Sejatinya peruntungan di dunia mode sudah dijajaki Williams sejak lama. Ia pernah bermitra dengan jenama fesyen mewah asal Prancis, Chanel, pada 2017. Ia juga pernah menjadi duta global dari brand sepatu Adidas.

Di dunia musik, ia kerap berkolaborasi dengan berbagai musisi. Yang terakhir adalah kolaborasinya bersama pentolan BTS, Kim Namjoon alias RM. Penyanyi Kylie Minogue juga pernah berkolaborasi dengannya dalam lagu 'I Was Gonna Cancel' pada 2014.