Comscore Tracker
MARKET

Pertama di Dunia, Mastercard Rlis Kartu Kredit yang Dukung Kripto

Mastercard bermitra dengan Nexo mendukung mata uang kripto.

Pertama di Dunia, Mastercard Rlis Kartu Kredit yang Dukung KriptoIlustrasi aset kripto. Shutterstock/Chinnapong

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Raksasa pembayaran global Mastercard dan perusahaan pemberi pinjaman kripto Nexo, telah mengumumkan kemitraan untuk meluncurkan kartu kredit pertama yang didukung mata uang kripto. Kemitraan ini merupakan langkah besar lainnya menuju adopsi cryptocurrency di arus utama.

"Kartu Nexo berfungsi melalui jalur kredit Nexo yang didukung kripto, yang berarti bahwa dana untuk pembelian Anda berasal dari jalur kredit yang tersedia, sementara portofolio aset digital Anda tetap utuh," kata juru bicara Nexo, dikutip dari InsideBitcoins, Kamis (14/4). Ia menambahkan, jaminan dikenakan pembayaran sesuai dengan syarat dan ketentuan Nexo.

Kartu kripto baru akan tersedia di negara-negara Eropa tertentu saat diluncurkan. Namun, ada rencana untuk memperluas layanan ke negara lainnya. Kartu ini pun terhubung dengan jalur kredit yang disediakan Nexo, pengguna dapat menggunakan beberapa aset sebagai jaminan, tetapi tidak terbatas pada bitcoin, Ether (ETH), dan stablecoin Tether (USDT).

Kartu ini pun akan terhubung ke jalur kredit yang didukung Nexo dan akan tersedia untuk digunakan di 92 juta merchant di seluruh dunia yang menerima pembayaran dengan Mastercard. Ini akan memungkinkan investor untuk membelanjakan hingga 90 persen dari nilai fiat cryptocurrency mereka.

Tidak ada biaya bulanan untuk kartu

Nexo juga menyatakan bahwa kartu tidak memerlukan pembayaran minimum, biaya untuk menonaktifkan kartu, atau biaya bulanan. Selain itu, pengguna tidak diharuskan membayar biaya FX hingga €20,000 per bulan.

Selain itu, kartu tidak membatasi berapa banyak yang dapat dibelanjakan atau ditarik pengguna dari jalur kredit terbuka. Di samping itu, bunga hanya dibayarkan pada jumlah kredit yang digunakan. Namun, untuk nasabah yang memiliki loan-to-value ratio 20 persen, bunganya akan tetap 0 persen.

Kepala produk kripto dan blockchain Mastercard, Raj Dhamodharan, menegaskan kembali fokus perusahaan pada industri cryptocurrency.

"Mastercard percaya bahwa aset digital merevolusi lanskap keuangan dan kami memimpin dalam inovasi dengan program-program seperti kemitraan kami dengan Nexo untuk memberikan orang pilihan baru dan satu dalam cara mereka membayar dan mengaktifkan kepemilikan kripto mereka," katanya, dilansir dari Cointelegraph, Kamis (14/4).

Benefit langsung cashback kripto

Setiap transaksi dengan kartu Nexo pengguna mendapat cashback kripto instan, yang akan dibayarkan dalam token Nexo asli atau Bitcoin. Tawaran ini cukup menggiurkan, sebab pengguna dapat mempertahankan kepemilikan aset kripto mereka sambil mendapatkan sekitar 2 persen cashback dalam bentuk cryptocurrency gratis.

Sebelumnya, Nexo pertama kali mulai mengerjakan kartu berbasis jaminan kripto bermerek MasterCard pada Agustus 2019. Perusahaan menyelesaikan peluncuran sebagian Kartu Nexo di negara-negara Eropa tertentu awal tahun ini.

Nexo juga menandatangani kemitraan besar dengan lengan kripto Fidelity Investments Fidelity Digital Assets tahun lalu untuk berkolaborasi dalam layanan kustodian kripto, produk, dan layanan pinjaman bagi investor institusional.

Related Articles