Comscore Tracker
MARKET

Penghujung Tahun, Grup Emtek Tebar Saham untuk Karyawan

Guna menambah modal, Emtek gelar Program MESOP.

Penghujung Tahun, Grup Emtek Tebar Saham untuk KaryawanShutterstock/ITTIGallery

by Tanayastri Dini Isna KH

Jakarta, FORTUNE - Grup konglomerasi Emtek bakal menerbitkan puluhan juta saham baru dalam rangka Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) lewat MESOP (Program Kepemilikan Saham Manajemen dan karyawan). Total nilainya sekitar Rp104 miliar.

Raksasa teknologi tersebut bakal melaksanakan aksi korporasinya melalui PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) dan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA). Namun, waktu pelaksanaan masing-masing perusahaan berbeda.

Para pemegang saham telah memberi lampu hijau melalui RUPST (Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan) pada 25 Juni 2018. Kemudian, pihak terkait kembali menegaskannya pada 3 Juni 2021.

Lalu, berapakah total saham yang perseroan akan lepas? Bagaimana dengan harga per lembarnya? Simak ulasan berikut ini:

Program ESOP EMTK

Mengutip dokumen keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), EMTK akan menerbitkan 44.233.000 saham baru dengan nilai nominal Rp20 per saham pada periode pelaksanaan III. Dengan harga pelaksanaan Rp1.791 per lembar, EMTK berpotensi menghimpun dana senilai Rp79,22 miliar.

Aksi korporasi itu akan berlangsung pada 29 Desember 2021. Setelah itu, perseroan akan mengumumkan hasil gelaran Program MESOP pada 31 Desember 2021.

Program ESOP SCMA

Selain EMTK, SCMA sebagai bagian dari Grup Emtek juga akan mengambil langkah serupa pada 30 Desember 2021. Lalu pengumumannya dilakukan pada 3 Januari 2022.

Perusahaan yang dikenal dengan nama Surya Citra Media itu akan melepas saham baru berjumlah 75.113.000 dengan nilai nominal Rp10 per saham. Sementara harga pelaksanaannya adalah Rp334 per lembar, sehingga berpeluang menghasilkan sekitar Rp25,08 miliar.

Related Articles