10 Skill yang Diperlukan Untuk Menunjang Pekerjaan Masa Depan

Bukan cuma hard skill, tapi juga soft skill.

10 Skill yang Diperlukan Untuk Menunjang Pekerjaan Masa Depan
Artificial Intelligence. (ShutterStock/metamorworks)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Zaman berubah, dalam situasi ini manusia dituntut beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, termasuk dalam bidang pekerjaan. Oleh sebab itu, peningkatan skill atau keahlian diperlukan agar pekerja tetap relevan dengan tuntutan dunia kerja di masa depan. 

Menurut Indeed, skill adalah istilah yang mencakup pengetahuan, kompetensi, dan kemampuan untuk melakukan tugas-tugas operasional. Hal ini bisa berkembang lewat pengalaman hidup, pekerjaan, maupun pendidikan yang dialami oleh setiap individu.

Terdapat sejumlah skill yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan di masa depan. Satu profesi belum tentu membutuhkan skill yang sama dengan profesi lainnya. Hal ini tergantung pada jenis pekerjaan dan tanggung jawab yang harus dilakukan.

Komunikasi, berorganisasi, akuntansi, desain, manajemen, integritas, manajemen waktu, sampai penjadwalan, dan kepercayaan diri, adalah beberapa contoh skill dasar (hard skill maupun soft skill) yang diperlukan oleh setiap manusia dalam pekerjaannya.

Sejalan dengan perkembangan zaman yang terjadi–mulai dari teknologi sampai keselarasan dengan alam–ada beberapa skill yang diperlukan dalam pekerjaan di masa depan. Menukil Vocasia.id, berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulas 10 di antaranya.

1. Leadership

ilustrasi rapat umum pemegang saham (pexels.com/Christina Morillo )

Kepemimpinan adalah salah satu soft skill yang perlu terus dilatih untuk bisa beradaptasi dengan pekerjaan-pekerjaan di masa depan. Dengan karakter yang baik, kepemimpinan–terhadap diri maupun orang lain–akan membuat kita mampu menjadi acuan bagi sesama. Skill ini menuntut kita untuk memiliki wawasan luas, berpikiran terbuka, berani ambil risiko, membuat keputusan bijak, dan berfokus pada kepentingan bersama.

2. Teamwork

Ilustrasi kerja tim/Pixabay

Banyak pebisnis sampai para pemangku kepentingan di pemerintahan menyebutkan bahwa di masa depan bukan lagi soal kompetisi, namun lebih pada kolaborasi. Oleh sebab itu, kemampuan untuk bisa bekerja sama, baik dalam tim maupun dengan institusi yang berbeda menjadi penting, terutama saat berhadapan dengan latar belakang dan karakteristik yang berbeda-beda.

Pada akhirnya, pekerjaan yang dilakukan bersama-sama akan terasa lebih mudah dan bisa selesai lebih sempurna, daripada hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri.

3. Public speaking

Ilustrasi perempuan pebisnis. (Pixabay/089photoshootings)

Skill berikutnya yang bisa menunjang pekerjaan kita di masa depan adalah berbicara di depan khalayak. Hal ini adalah kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk bisa berkomunikasi, menyampaikan pesan, sampai mempengaruhi orang lain, demi mewujudkan sebuah tujuan dalam satu pekerjaan.

Dengan memiliki skill ini, kita akan semakin mudah dalam menjalankan pekerjaan kita dan bisa mencapai setiap tujuan yang kita tetapkan sebelumnya.

4. Kreatif

ilustrasi merancang bisnis berbasis ide kreatif (unsplash.com/Firmbee)

Kreatifitas adalah hal yang cukup krusial dalam menjalankan pekerjaan. Hampir semua pekerjaan sebenarnya membutuhkan hal ini, terutama saat berkaitan dengan ide-ide segar dan inovatif bagi pengembangan perusahaan atau produk yang dihasilkan melalui pekerjaan.

Kreatifitas dapat dilatih melalui banyak cara, seperti sering membaca, bergaul, sampai riset, yang bisa merangsang pemikiran kita untuk bisa ‘out of the box’, sampai akhirnya melahirkan banyak ide baru yang segar.

5. Time management

ilustrasi upah lembur (pixabay.com/dok.istimewa)

Di masa mendatang, waktu akan menjadi sesuatu yang sangat ‘mahal’ dalam pekerjaan, karena sifatnya yang tidak bisa terulang. Hal ini berhubungan dengan momentum baik yang seringkali bisa terlewatkan begitu saja bila kita tidak mengatur waktu kita secara seksama.

Skill time management perlu untuk dimiliki karena dalam kondisi sibuk bekerja, terkadang kita sulit untuk mengatur waktu. Apalagi jika ada pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

6. Artificial Intelligence

ilustrasi developer AI (unsplash.com/Hitesh Choudhary)

Konsep ini adalah hal yang cukup sering dibicarakan pada era digitalisasi belakangan ini. Berawal dari komputer dan penggunaan kecerdasan buatan, manusia kini terus berusaha memudahkan semua pekerjaan yang sifatnya berulang dengan kecerdasan buatan.

Dengan Artificial Intelligence, manusia mampu memecahkan masalah kognitif terkait kecerdasan manusia, seperti pemecahan masalah, pengenalan pola, dan pembelajaran. Bisa dibayangkan, bila kita menguasai cabang keilmuan ini, sudah tentu kita akan banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan di masa depan yang menggantungkan kinerjanya pada kecerdasan buatan.

7. Manajemen data

Ilustrasi pengamanan data/Dok ABB Indonesia

Data juga merupakan satu bagian dari perkembangan teknologi yang sangat penting, terutama dalam pengembangan teknologi itu sendiri. Bahkan, kecerdasan buatan yang kini banyak diandalkan dalam pekerjaan pun membutuhkan data untuk jadi dasar pengembangan kognitifnya.

Selain itu, data juga dibutuhkan untuk bisa memberikan informasi yang akurat kepada para pemangku kepentingan, terkait pekerjaan yang kita lakukan. Dengan adanya data yang akurat, akan memudahkan optimalisasi dalam pengambilan keputusan bisnis oleh pimpinan.

8. Penggunaan komputer

ilustrasi online meeting (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Sebenarnya, skill ini bukanlah hal baru dalam dunia pekerjaan, Sejak komputer pertama kali ditemukan dan menjadi salah satu fasilitas yang memudahkan berbagai pekerjaan, mulai dari menulis, menghitung, sampai desain produk.

Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga kemampuan pengoperasian komputer tetap terasah dan selalu update mengikuti berbagai perkembangan teknologi yang semakin maju.

9. Riset

Ilustrasi penelitian di laboratorium. Shutterstock/DC Studio

Hard skill yang satu ini berhubungan dengan data dan informasi yang disajikan bagi pengembangan sebuah perusahaan. Sebelum adanya ide atau inovasi baru dalam perusahaan. Diperlukan riset terlebih dahulu secara mendalam dan matang, untuk memastikan bahwa inovasi yang dilakukan tepat dan sesuai.

Oleh sebab itu, kemampuan melakukan riset–mulai dari yang sederhana, sampai yang rumit–perlu kita miliki, supaya kita bisa menjadi seorang pekerja yang terus berkembang dan bermanfaat bagi lingkungan kerja.

10. Analytical reasoning

Analisis SWOT. (Pixabay/athree23)

Analytical reasoning menjadi salah satu hard skill yang cukup berpengaruh terhadap keputusan yang akan diambil oleh perusahaan. Untuk itu skill ini akan banyak dibutuhkan di masa depan seiring perkembangan teknologi dan informasi.

Di saat banyak pekerjaan beririsan dengan teknologi dan pemanfaatan data maupun riset, skill ini akan sangat dibutuhkan, karena bagaimana pun juga, sampai saat ini belum ada teknologi yang bisa menandingi kekuatan otak manusia dalam membuat analisis argumentasi di berbagai bidang pekerjaan. Semua masih bergantung pada kemampuan manusia itu sendiri.

Demikianlah beberapa skill yang kira-kira diperlukan di berbagai pekerjaan masa depan. Tidak hanya menunjang karir semata, namun sejumlah skill ini bisa mengimprovisasi kualitas kehidupan yang kita jalani. Semoga berguna!

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Cara Cek Sertifikat Tanah secara Online, Tak Usah Pergi ke BPN
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Daftar Emiten Buyback Saham per Mei 2024, Big Caps!
Pengamat Perkirakan Penerapan Teknologi AI di Apple Menyasar SIRI