NEWS

14 Negara Mitra IPEF Perkuat Investasi Sampai Distribusi Ekonomi

Menyusul selesainya perjanjian IPEF pilar II, III, dan IV.

14 Negara Mitra IPEF Perkuat Investasi Sampai Distribusi EkonomiMenko Perekonomian, Airlangga Hartarto. (ekon.go.id)
15 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Sebanyak 14 negara mitra Indo-Pacific Economic Framework (IPEF), termasuk Indonesia, sepakat memperkuat diversifikasi investasi, rantai pasok, pengembangan pasar, serta memastikan ekonomi terdistribusi secara luas di kawasan Indo-Pasifik lebih terintegrasi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa komitmen ini tercapai usai rampungnya perjanjian Pilar II (Rantai Pasok), Pilar III (Ekonomi Bersih), dan Pilar IV (Ekonomi Adil) dalam IPEF Ministerial Meeting.

Airlangga mengatakan, kelompok ini telah mencapai berbagai kemajuan pesat dalam menemukan konsensus dan tindakan berani menuju perekonomian yang bersih dan adil, seperti pengembangan koridor ekonomi, meningkatkan investasi berkelanjutan dalam teknologi energi dan pertanian ramah lingkungan. "Serta memperkuat transparansi perpajakan dan upaya anti-korupsi,” kata Airlangga dalam keterangan resmi, Rabu (15/11).

Untuk mencapai tujuan bersama,  Airlangga mengatakan bahwa keempat belas negara mitra IPEF perlu menggabungkan energi, pertanian, kehutanan, transportasi, dan lingkungan. “Dan memastikan tidak ada satu pun yang tertinggal,” katanya.

Proses

Indo-Pacific Economic Framework Ministerial Meeting (IPEF-MM) di San Fransisco, Selasa (14/11).
Indo-Pacific Economic Framework Ministerial Meeting (IPEF-MM) di San Fransisco, Selasa (14/11). (ekon.go.id)

Airlangga menyebutkan bahwa negara-negara mitra IPEF akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan, termasuk konsultasi domestik lebih lanjut dan tinjauan hukum, untuk menyiapkan naskah akhir dari perjanjian Pilar II, Pilar III, dan Pilar IV.

Setelahnya, proses akan dilanjutkan dengan penandatanganan di dalam negara mitra IPEF, yang diikuti dengan ratifikasi, penerimaan, atau persetujuan.

Ia menyambut baik kolaborasi yang terjalin kuat dalam memfasilitasi berbagai kesepakatan dalam IPEF. “Kami berharap dapat memperdalam kerja sama di antara mitra IPEF dan mencapai perekonomian yang lebih bersih dan adil di Indonesia, kawasan ini, dan sekitarnya,” kata Airlangga.

Seperti diketahui, terdapat empat pilar utama dalam IPEF, yaitu Pilar I Perdagangan (Trade), Pilar II Rantai Pasok (Supply Chain), Pilar III Ekonomi Bersih (Clean Economy), dan Pilar IV Ekonomi Adil (Fair Economy).

IPEF merupakan kumpulan negara mitra ekonomi di kawasan Indo-Pasifik dengan cakupan 40 persen PDB global dan 28 persen perdagangan barang dan jasa dunia.

Pembahasan pilar I

IPEF for Prosperity Pillar I Ministerial Meeting.
IPEF for Prosperity Pillar I Ministerial Meeting. (dok. Kemenkeu)

Related Topics