NEWS

5 Rekomendasi Pasar Ramadan yang Menjual Takjil Khas Nusantara

Biasanya pasar Ramadan hanya muncul saat bulan puasa.

5 Rekomendasi Pasar Ramadan yang Menjual Takjil Khas NusantaraIlustrasi buka puasa bersama. Shutterstock/Zurijeta
27 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Salah satu tradisi yang dilakukan secara turun temurun saat bulan Ramadan di Indonesia adalah menunggu waktu berbuka dengan mencari takjil. Menariknya, keragaman kuliner dan budaya di Indonesia sudah membuat tradisi ini semakin bervariasi, salah satunya meraknya kegiatan pasar Ramadan.

Pasar Ramadan merupakan pasar tidak tetap yang kemunculannya hanya terjadi di bulan Ramadan. Biasanya, pasar ini menyediakan berbagai kebutuhan khas bulan suci Ramadan, termasuk makanan-makanan untuk berbuka puasa, atau yang biasa disebut takjil.

Melansir laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), berikut ini beberapa rekomendasi pasar Ramadan yang bisa dikunjungi sembari berburu takjil, di sejumlah daerah Indonesia.

Pasar Ramadan Aceh

Ngabuburit di Masjid Raya Baiturrahman, Aceh.
Ngabuburit di Masjid Raya Baiturrahman, Aceh. (ANTARA FOTO /Irwansyah Putra)

Aceh adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki budaya islami cukup kental. Di Aceh, setiap tahun pun pasar Ramadan selalu digelar di dekat bangunan ikonik khas Aceh, yakni Masjid Raya Baiturrahman.

Di pasar Ramadan ini, Anda bisa menemukan berbagai takjil khas masyarakat Aceh yang sangat otentik, seperti kue Bhoi dan Timpan yang manis; mi Caluk Aceh yang kaya akan rasa; sampai dengan Rujak Khas Aceh dan hidangan lainnya.

Pasar Benhil Jakarta

Berburu takjil di pasar Benhil.
Berburu takjil di pasar Benhil. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Related Topics