NEWS

Pesan Wapres di HUT RI: Penguasaan Iptek hingga Persatuan

Iptek jadi modal penting hadapi percepatan perubahan global.

Pesan Wapres di HUT RI: Penguasaan Iptek hingga PersatuanWakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin. (tangkapan layar)
18 August 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin, menyampaikan sejumlah pesan di sela momentum perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Menurutnya, ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) adalah modal terpenting bagi bangsa Indonesia, untuk menghadapi tantangan dan  perubahan global yang terjadi begitu cepat.

Ma'ruf mengatakan, iptek dibutuhkan oleh para generasi penerus bangsa agar mampu bersaing di tingkat global.

“Perjuangan dan kegigihan kita dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan harus sama kuatnya dengan para pahlawan kemerdekaan,” ujarnya seperti dilansir dari laman resmi Wapres, Kamis (18/8).

Hal ini menjadi semakin penting, di saat dunia dilanda banyak peristiwa global yang berdampak cukup signifikan pada kehidupan, seperti pandemi Covid-19, konflik antarnegara, sejumlah krisis–seperti pangan dan energi–hingga perubahan iklim.

Persatuan dan sinergi harus diperkuat

Wakil Presiden, Ma\'ruf Amin, beserta istri, saat menghadiri peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Istana Negara (17/8).
Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, beserta istri, saat menghadiri peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Istana Negara (17/8). (dok,. Setkab)

Ma’ruf juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk semakin merapatkan persatuan agar menjadi lebih kuat dan mampu mengatasi berbagai tantangan krisis yang mengancam. “Bersinergi dalam kerja nyata agar Indonesia tercinta segera pulih dari dampak krisis dan bangkit menjadi negara yang lebih kuat,” ujarnya.

Hal ini sejalan dengan tema peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, yakni ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’. “Kita (perlu) tularkan semangat ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’ kepada bangsa-bangsa lain, agar kemajuan dan kesejahteraan di tingkat nasional, kawasan dan global dapat kita wujudkan,” kata Ma’ruf.

Semangat perjuangan

Pengunjuk rasa dari berbagai Aliansi Perlawanan Iklim menggelar aksi di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Jumat (5/11/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Pengunjuk rasa dari berbagai Aliansi Perlawanan Iklim menggelar aksi di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Jumat (5/11/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU

Related Topics