NEWS

Bertemu PM Timor Leste, Jokowi Bahas Sejumlah Isu Bilateral

Jokowi ingin kerja sama dengan Timor Leste makin kuat.

Bertemu PM Timor Leste, Jokowi Bahas Sejumlah Isu BilateralPresiden RI Joko Widodo dan PM Timor Leste Taur Matan Ruak. (dok. Setpres)
13 February 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor Leste, Taur Matan Ruak. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas sejumlah isu bilateral. 

Jokowi mengatakan, kunjungan PM Ruak adalah kelanjutan dari kunjungan Presiden ramos Horta di pertengahan tahun 2022. “Intensitas kunjungan ini mencerminkan untuk terus memperkuat kerja sama diantara kita (RI-Timor Leste),” ujarnya dalam pernyataan pers bersama usai pertemuan, Senin (13/2).

Selain memastikan diterimanya Timor Leste sebagai ke dalam Organisasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN), berikut sejumlah isu yang dibahas. 

Kerja sama ekonomi

Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan PM Timor Leste, Taur Matan Ruak. Senin (13/2).
Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan PM Timor Leste, Taur Matan Ruak. Senin (13/2). (Tangkapan layar)

Kerja sama ekonomi bersama Timor-Leste, terutama dalam pengembangan bersama kawasan ekonomi di wilayah perbatasan antara Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Oecusse menjadi salah satu isu utama yang dibahas.

“Kami sepakat untuk mendorong dimulainya perundingan pembentukan Bilateral Investment Treaty,” ujarnya.

Maka dari itu, pemerintah Indonesia menyambut baik peningkatan konektivitas darat, antara lain melalui peluncuran perdana trayek rute Kupang-Dili dengan trayek bus. “Secara khusus, saya juga mendorong agar biaya logistik transportasi laut untuk kegiatan bisnis dapat diturunkan,” katanya.

Pengelolaan perbatasan

Presiden Jokowi dan PM Taur Matan Ruak, memberikan pernyataan pers bersama, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (13/2).
Presiden Jokowi dan PM Taur Matan Ruak, memberikan pernyataan pers bersama, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (13/2). (dok. Setpres)

Related Topics