NEWS

Rawon Tempati Peringkat Pertama Sup Terenak Dunia Versi Taste Atlas

Rawon jadi satu-satunya sup Indonesia yang masuk 10 besar.

Rawon Tempati Peringkat Pertama Sup Terenak Dunia Versi Taste AtlasIlustrasi rawon/Pixabay
31 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Taste Atlas kembali merilis pemeringkatan makanan terenak di dunia,  pada Jumat (28/7). Kali ini daftar kuliner terenak yang dirilis ada pada kategori sup.

Menariknya, terselip Rawon di jajaran nama-nama sup ternama dari seluruh dunia. Dengan memperoleh bintang 4,8 dari skala 5, rawon pun berada di posisi pertama, kategori sup lain di dunia, mengungguli makanan lainnya.

Situs tasteatlas.com menuliskan bahwa kunci makanan yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur, ini adalah Kluwek, sejenis rempah hitam asli Indonesia. “Bumbu Indonesia yang tidak biasa ini sangat beracun saat mentah, dan selalu perlu difermentasi sebelum dikonsumsi. Itu digiling dengan bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa yang bersahaja dan asam serta warna hitam gelap yang unik,” tulis situs tersebut.

Sup berbahan dasar daging sapi ini memiliki aroma rempah yang unik, terdiri dari jahe, kunyit, serai, sampai cabai dan daun jeruk. Dalam penyajiannya, Rawon yang berkuah hitam biasa ditampilkan bersama nasi putih, telur asin, tauge pendek, sambal, serta kerupuk udang.

Selain Rawon, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas beberapa sup lain yang masuk lima besar sup terenak di dunia, menurut Taste Atlas.

2. Tonkutsu Ramen

Tonkotsu Ramen.
Tonkotsu Ramen. (Pixabay/Frank from 5 AM Ramen)

Hidangan mi berkuah asal Fukuoka, Jepang, berada di posisi kedua dengan perolehan bintang 4,7. Ramen ini terbuat dari kaldu babi berlemak yang sangat kaya, mi segar, kuning telur lembut, dan perut babi empuk yang meleleh di mulut.

“Kaldu yang kaya dikembangkan dengan memasak tulang babi dalam waktu yang sangat lama, hingga kolagen dan lemaknya larut, menghasilkan tekstur hidangan yang unik dan lembut,” begitu situs tasteatlas.com menggambarkan rasanya.

Ramen ini biasanya diberi daun bawang untuk kecerahan dan semangat, rebung untuk rasa renyah, kacang, rumput laut nori untuk kerenyahan, dan jagung manis untuk rasa yang lebih enak. Dengan berbagai pelengkap ini, tak heran, Tonkutsu Ramen pun sangat populer dan jadi hidangan istimewa, lebih dari sekadar ramen.

3. Tom Kha Gai

Tom Kha Gai.
Tom Kha Gai. (wallpaperflare.com)

Related Topics