NEWS

Diresmikan Jokowi, Tol Cibitung-Cilincing Percepat Akses Logistik

Kecepatan logistik penting untuk daya saing produk ekspor.

Diresmikan Jokowi, Tol Cibitung-Cilincing Percepat Akses LogistikGerbang Tol Gabus, Jalan Tol Cibitung – Cilincing. (tangkapan layar)
20 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas jalan tol Cibitung-Cilincing (Jakarta Outer Ring Road/2) dan ruas Serpong-Balaraja Seksi 1A (JORR 3) di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022). Kedua tol tersebut bakal melengkapi struktur jaringan tol Jabodetabek yang mendukung mobilitas barang dan jasa ke outlet utama di Tanjung Priok, serta mengurangi kemacetan. 

Jokowi mengatakan, ruas jalan tol Cibitung-Cilincing bisa mempercepat akses logistik dari kawasan Bekasi Utara dan Karawang menuju pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, atau sebaliknya.

Tol sepanjang 27,2 kilometer (km) itu bakal dilalui oleh truk-truk kontainer pengangkut barang ekspor maupun impor. “Kecepatan inilah yang nanti akan mempermudah mobilitas barang dan tentu saja dengan kecepatan itu akan memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan diekspor,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (20/9). 

Tol Cibitung-Cilincing mampu menampung kendaraan kontainer bervolume berat. Diperkirakan, di ruas ini bisa menampung sampai 30 persen volume kendaraan berat. Adapun, kepemilikan ruas tol ini pun kini dialihkan dari Waskita ke Pelindo.

Pentingnya kecepatan

Jokowi meresmikan ruas tol Cibitung-Cilincing.
Jokowi meresmikan ruas tol Cibitung-Cilincing. (tangkapan layar)

Jokowi menyampaikan bahwa kecepatan distribusi barang merupakan salxah satu fokus penting untuk meningkatkan daya saing produk ekspor Indonesia. “Yang kita tuju adalah daya saing dari barang-barang (serta) produk-produk yang kita miliki. Tanpa didukung infrastruktur yang baik, mustahil kita bisa bersaing dengan negara-negara lain,” katanya.

Dengan ruas tol ini, maka kawasan-kawasan industri di Jabodetabek bagian barat akan semakin terhubung dan mempercepat akses logistik, karena Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 akan makin optimal dipergunakan.

Meningkatkan kompetisi

Ilustrasi logistik. Shutterstock/Travel Mania

Related Topics