NEWS

Dukung Penggunaan Kendaraan Listrik, IEMS 2021 Siap Digelar

BRIN dorong minat masyarakat pada kendaraan listrik.

Dukung Penggunaan Kendaraan Listrik, IEMS 2021 Siap DigelarIlustrasi mobil listrik. (ShutterStock/Paul Craft)
19 October 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan menggelar Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 pada 24-26 November 2021 di kawasan Puspitek Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Penyelenggaraan ketiga sejak pertama diadakan pada 2019 ini akan mengusung tema ‘Innovation for Better Future Transportation’. Selain pameran, acara juga akan dimeriahkan dengan seminar dan talk show terkait tema-tema seputar kendaraan berbasis listrik.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko, mengungkapkan bahwa pameran ini akan menumbuhkan minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik. "IEMS 2021 merupakan bentuk dukungan BRIN bersama stakeholders lainnya dalam pengembangan kendaraan listrik di tanah air dan berbagai inovasi terbaru. Kegiatan ini juga akan menjadi wadah transaksi penjualan kendaraan listrik," katanya dalam keterangan di situs berita Antara, (17/10).

Lebih lanjut, Handoko menjelaskan bahwa IEMS 2021 akan jadi ajang sosialisasi dan edukasi tentang manfaat kendaraan listrik kepada publik. Kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dianggap lebih ramah terhadap lingkungan dan mendukung pengurangan emisi karbon.

IEMS 2021 mendukung sejumlah peraturan pemerintah

Pelaksana Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Hammam Riza, menjelaskan bahwa IEMS 2021 mendukung pelaksanaan Perpres No.55/2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Selain itu, acara ini juga merupakan dukungan pada PP no.74/2021 yang merevisi tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Hammam mengatakan bahwa dalam situasi pandemi Covid-19, kita harus mampu beradaptasi dan berinovasi. “Oleh sebab itu, ajang pameran dan seminar kendaraan listrik IEMS 2021 menggunakan konsep Hybrid Exhibition and Seminar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat,” ujarnya.

Ia menegaskan kembali tentang BRIN dan BPPT yang terus berkomitmen mengakselerasi percepatan kendaraan listrik di tanah air. Penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai tetap diharapkan untuk mempu mengurangi emisi karbon secara signifikan.

Penyelenggaraan IEMS 2021 menyesuaikan dengan situasi

IEMS 2021 adalah respon atas upaya pemerintah mendorong pengembangan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (BEV). Dalam penyelenggaraan acara ini, BRIN bekerja sama dengan sejumlah kementerian, seperti Kementerian Koordinator Bidang Kamaritiman, Kementerian ESDM, Kemendikbud dan Ristek, Kemenperin, Kemenhub, Dewan Energi Nasional, PT Pertamina, dan PT PLN.

Namun, berbeda dari tahun 2019, IEMS tahun ini menggunakan konsep hybrid exhibition dan hybrid seminar, dengan menggunakan teknologi. Hal ini mengingat saat ini masih berada di masa transisi dari pandemi Covid-19. Selain itu, pameran dan seminar ini akan dipastikan mematuhi protokol kesehatan ketat.

Related Topics