NEWS

Harga Pangan Dunia Naik, Kemendag Siapkan Sejumlah Langkah Strategis

Kemendag fokus pada harga komoditas nasional.

Harga Pangan Dunia Naik, Kemendag Siapkan Sejumlah Langkah StrategisPedagang daging menunggu calon pembeli di PD Pasar Jaya Kramat Jati, Jakarta, Minggu (27/2/2022).ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
12 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) memproyeksikan harga pangan dunia akan mengalami kenaikan akibat sejumlah faktor. Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan sejumlah langkah strategis, guna mengendalikan stabilitas harga komoditas nasional.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Isy Karim, mengatakan Kemendag akan berkoordinasi dengan Badan Pangan Nasional, guna mengantisipasi dampak kenaikan komoditas internasional yang salah satunya disebabkan oleh El Nino. “Pemerintah telah melakukan berbagai upaya mitigasi,” ujarnya seperti dikutip dari Antaranews, Jumat (12/5).

Pemerintah menuurtnya akan berupaya menjaga stabilisasi harga pangan dan cadangan pangan. Dengan demikian, pasokan kebutuhan pangan masyarakat bisa tercukupi dan terjaga, meski situasi pangan global mengalami masalah, sehingga harga pangan dunia naik.

Strategi produks, impor dan ekspor

Bahan Pangan
ilustrasi bahan pangan (unsplash.com/Julian Hanslmaier)

Upaya pertama dilakukan pada sisi produksi dengan memastikan peningkatan produksi pangan dan memperkuat cadangan pangan, yang menjadi tanggung jawab Badan Pangan Nasional.

Dari sisi kebijakan impor, menurutnya pemerintah menggunakan strategi tepat waktu dan tepat jumlah, dengan tetap mengutamakan produksi dalam negeri. “Sebagai langkah antisipasi dan menambah cadangan beras, pemerintah telah memutuskan menambah pasokan dari luar negeri sebesar 2 juta ton,” kata Isy.

Sedangkan dari segi ekspor, pemerintah mengembalikan target domestic market obligation (DMO) minyak goreng ke 300 ribu ton per bulan, setelah sebelumnya dinaikkan menjadi 450 ribu ton per bulan, guna mencegah kelangkaan menjelang Hari Raya Lebaran 2023.

Kemendag mencairkan deposito Hak Ekspor secara bertahap, termasuk penyesuaian angka pengali dan insentif. “Kebijakan ini ditujukan agar ekspor CPO tidak terganggu dan pasokan minyak goreng di dalam negeri tercukupi,” katanya.

Penurunan harga pangan dunia

Dua pekerja bersiap mengemas gula Maniskita di Rumah Kemasan Gula di Tambak Aji, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (22/7). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Related Topics