NEWS

Mengenal Langkah Pertama Antisipasi Dampak Kebakaran

Bisa mencegah korban dampak kebakaran lebih besar.

Mengenal Langkah Pertama Antisipasi Dampak KebakaranIlustrasi kebakaran pabrik. (Pexels/Pixabay)
06 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) atau Depo Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara, terbakar pada Jumat (3/3) hingga menyebakan belasan korban jiwa dan puluhan rumah hangus terbakar. Hal apa saja yang harus dilakukan sebagai antisipasi awal saat terjadi kebakaran ?

Menurut laman Hellosehat.com, kebakaran adalah peristiwa yang seringkali terjadi karena kelalaian. Sayangnya, banyak dari masyarakat yang kurang sigap mengantisipasinya, sehingga dampaknya jadi lebih besar.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah tenang dan berusaha untuk menjauh dari lokasi kebakaran. Segera hubungi nomor pemadam kebakaran agar api bisa segera dijinakkan.

Saat keluar atau menjauh dari api, utamakan keselamatan diri dengan cara menundukkan tubuh, guna menghindari asap karbon dioksida dari pembakaran. Kemudian, bila melewati ruangan-ruangan, pastikan untuk menutup pintu, guna mencegah api menjalar lebih cepat. Selanjutnya, cari tempat yang aman untuk berlindung dan perhatikan orang lain bilamana ada yang butuh pertolongan.

Berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas beberapa langkah untuk menangani kebakaran, agar Anda bisa terhindari risiko membahayakan dan mencegah jatuhnya korban lebih banyak.

Langkah prioritas

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang.
Kebakaran Depo Pertamina Plumpang. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Mengutip laman resmi St John Ambulance, saat api mengenai pakaian atau tubuh kita, yang perlu dilakukan adalah stop-drop-roll:

  1. Stop: Berhenti bergerak, karena terlalu banyak gerakan bisa membuat api tambah besar
  2. Drop: Jatuhkan diri ke tanah dan tutupi tubuh dengan kain berat, seperti jaket atau selimut.
  3. Roll: Gulingkan tubuh di tanah, sampai api bisa padam.

Perlu diingat, bila api kena saat tubuh kita dalam kondisi berdiri, asap bisa terhirup ke pernapasan. Untuk itu, Anda harus memperhatikan posisi untuk menghindari asap semaksimal mungkin.

Material yang meredam kebakaran

Gudang JNE mengalami kebakaran di jalan Pekapuran, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok.
Gudang JNE mengalami kebakaran di jalan Pekapuran, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Senin (12/9). (IDN Times/Dicky)

Related Topics