NEWS

Memahami Makna Tema 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth'

Jadi tema Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023.

Memahami Makna Tema 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth'Logo Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023. (Kemlu)
30 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Usai menuntaskan Presidensi pada gelaran KTT G20, Indonesia kembali memegang peran besar pada komunitas internasional dengan menerima estafet keketuaan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) tahun 2023, dalam tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

Dengan posisi strategis yang diemban ini, Indonesia berupaya menjadikan ASEAN sebagai kawasan yang stabil dan damai. Indonesia juga berupaya secara konsisten menjunjung tinggi hukum internasional, memperkuat kerjasama dan tidak menjadi proksi dari kekuatan manapun, sehingga ASEAN mampu menjadi kawasan yang kuat, inklusif, serta memiliki pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Pemerintah Indonesia yakin bahwa tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth bisa mengiringi keketuaan ini dan berdampak positif pada negara-negara anggotanya. Lantas, apa sebenarnya makna dari tema ini?

Dua elemen dasar

Menlu Retno LP Marsudi di acara Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Minggu (29/1).
Menlu Retno LP Marsudi di acara Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Minggu (29/1). (Dok. Kemlu)

Saat memulai keketuaan Indonesia lewat acara kick off yang diselenggarakan Minggu (29/1), Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi, mengatakan bahwa tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth mengandung dua elemen besar.

Bagian pertama, ASEAN Matters yang menggambarkan maksud Indonesia menjadikan ASEAN itu relevan dan penting, tidak saja bagi rakyat Indonesia, tetapi juga bagi rakyat ASEAN dan di luar ASEAN. “Kita ingin menjadikan ASEAN memegang peran yang sangat penting, menjadi lokomotif untuk menggerakkan agar Indo-Pasifik tetap menjadi kawasan yang damai dan stabil,” katanya.

Sementara itu, pada bagian kedua, yakni Epicentrum of Growth, berkaitan dengan sejarah ASEAN selalu terkait dengan masalah ekonomi, bahkan pertumbuhan ekonomi ASEAN kerap lebih tinggi daripada pertumbuhan ekonomi dunia. Sebagai contoh, Asian Development Bank (ADB) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi ASEAN di 2023 akan mencapai 4,7 persen, sementara proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia dari Bank Dunia hanya di angka 1,7 persen.

“ASEAN dapat menjadi epicentrum of growth atau pusat pertumbuhan ekonomi. Caranya apa? Ada beberapa kerja sama yang akan diperkuat, antara lain di bidang kesehatan tentunya karena pandemi belum tuntas, kemudian yang kedua di bidang energi, yang ketiga di bidang pangan, dan yang keempat adalah penguatan untuk kerja sama keuangan,” kata Retno.

Kawasan Indo-Pasifik

Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Minggu (29/1).
Kick Off keketuaan ASEAN Indonesia 2023, Minggu (29/1). (dok. Kemlu)

Related Topics