NEWS

Dongkrak Omzet, Jokowi Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Plaform Online

Kepemilikan NIB adalah kunci pertama saat memulai UMKM.

Dongkrak Omzet, Jokowi Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Plaform OnlinePresiden Jokowi saat berdialog dengan para pelaku UMK Perseorangan, dalam acara pemberian NIB bagi pelaku UMK perseorangan, Rabu (13/7). (dok. Setpres)
13 July 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),untuk memanfaatkan platform online dalam menjual produknya. Hal ini ia sampaikan saat berbincang dengan para pelaku UMKM sekaligus memberikan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Presiden mengatakan bahwa penggunaan platform daring dapat meningkatkan penjualan dan mendongkrak omzet. “Jadi yang namanya digitalisasi usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah itu sekarang ini wajib. Bapak, Ibu, yang belum masuk marketingnya ke dunia online, segera masuk ke aplikasi, apapun platformnya,” ujarnya dalam acara penyerahan NIB Pelaku UMK Perseorangan, Rabu (13/7).

Menurut Jokowi, dengan teknologi digital, pasar dan kesempatan perluasan usaha pun akan terbuka semakin lebar. “Semuanya dimulai dari kecil dan kalau sudah pasarnya terbuka akan menjadi masuk ke menengah, masuk ke besar. Semuanya pasti dimulai dari hal-hal yang kecil,” tuturnya.

Peningkatan kualitas produksi

Ilustrasi belanja online dari laptop.
Shutterstock/William Potter

Jokowi mengingatkan para pelaku UMKM untuk bisa meningkatkan kesiapan produksinya, setelah usaha terimplementasi pada sistem online. Tak hanya itu, UMKM harus memiliki diferensiasi atau pembeda pada produknya dibandingkan produk sejenis sehingga kanal daring dapat dimanfaatkan secara optimal.

“Kalau sudah yang namanya masuk ke pasar online kesiapan produksi harus betul-betul siap. Jangan sampai kita hanya produksi bisa 100, nanti pesanannya 10 ribu. Ada banyak kejadian seperti itu dan tidak siap. Jadi harus mempersiapkan diri kalau ordernya banyak. Saya kira bagus bisa masuk ke pasar-pasar online,” ucap Presiden Jokowi.

Dengan kualitas produk yang baik, kata Jokowi, para pelaku UMKM juga berpeluang untuk segera masuk ke pasar ekspor. “Ini semuanya harus diteruskan agar level kita meningkat ke level yang lebih tinggi dan akhirnya nanti produk-produk seperti itu akan mudah sekali untuk masuk ke pasar ekspor. Hati-hati, sekarang batas antarnegara itu sudah tidak ada, ekspor ke semua negara sangat mudah sekali,” katanya.

Kisah para pelaku UMKM

Pengunjung memilih sepatu pada pameran UMKM Milenial di Kediri, Jawa Timur, Sabtu (26/3/2022)/ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww

Related Topics