NEWS

Jokowi Minta BPDLH Prioritaskan Masalah Sampah dan Mangrove

Jokowi ingin BPDLH fokus mengatasi masalah secara konkret.

Jokowi Minta BPDLH Prioritaskan Masalah Sampah dan MangrovePresiden Jokowi bersama peserta Rapat Kerja Nasional Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup Tahun 2022. (dok. Setpres)
22 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) untuk memprioritaskan masalah penanganan sampah dan rehabilitasi mangrove.

Jokowi menyampaikan bahwa dampak kerusakan lingkungan dan perubahan iklim semakin nyata, sehingga BPDLH harus semakin berfokus pada kegiatan nyata dan berkaitan dengan lingkungan hidup.

“Dana yang ada sekarang ini akan membesar. Saya minta untuk konsentrasi saja di dua hal yang menjadi problem besar kita,” ujarnya saat membuka Rapat Kerja Nasional Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup Tahun 2022, Rabu (21/12).

Jokowi menegaskan, dana yang masuk ke badan tersebut jangan sampai berakhir dengan ketidakjelasan dan tercecer kemana-mana, akhirnya tak kelihatan dan tak berdampak  apa-apa.

“Saya yakin kalau barangnya kelihatan dan kita merehabilitasinya, memperbaikinya juga kelihatan, akan banyak dana-dana yang masuk ke Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup ini,” katanya.

Penanganan sampah

Sampah. (blogspot.com)

Penanganan sampah, merupakan salah satu prioritas yang sudah digaungkan sejak lama, namun belum pernah tuntas hingga saat ini. “Mau membuat apa, insinerator saja, urusan yang namanya tipping fee sampai sekarang itu di Solo belum,” ujarnya. “Jadi gubernur di DKI, Sunter itu, kita mulai. Sampai saya tidak jadi gubernur, tanda tangan pun saya belum. Padahal sudah kita rencanakan.”

Bila anggaran tersebut berada di BPDLH, Jokowi minta diprioritaskan untuk penanganan sampah, sehingga tak menyebar ke laut, sungai, ataupun menjadi kotoran sebuah kota. "Mau pakai sistem apapun, silakan, tapi selesai, gitu lho,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memeriksa para Gubernur, terkait penyelesaian urusan insinerator dan tipping fee. Namun, tak ada satu pun yang menunjuk jari. “Karena saya tahu, belum ada, belum. Ini harus segera diselesaikan. Barangnya nyata, dananya ada, tapi belum beres-beres urusan satu ini,” ujarnya.

Rehabilitasi mangrove

Ekosistem mangrove.
Ekosistem mangrove. (Pixabay/Ravini)

Related Topics