NEWS

Jokowi Tunjuk Zulkifli Hasan jadi Mendag, Hadi Tjahjanto Menteri ATR

Rekam jejak dan pengalaman menjadi pertimbangan Jokowi.

Jokowi Tunjuk Zulkifli Hasan jadi Mendag, Hadi Tjahjanto Menteri ATRJokowi memberi selamat kepada menteri dan wamen terpilih, usai acara pelantikan, Rabu (15/6). (dok. Setkab)
15 June 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PresidenJoko Widodo (Jokowi), resmi melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN). Zulkifli menggantikan menteri sebelumnya, Muhammad Lutfi sedangkan Hadi menggantikan Sofyan Djalil.

Pengangkatan itu ditetapkan dalam Keputusan Presiden Nomor 64P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

“Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Jokowi saat memimpin sumpah jabatan, Rabu (15/6).

Selain melantik dua Menteri, Presiden juga melantik tiga wakil Menteri (Wamen) yakni, Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan, dan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN.

Alasan Jokowi dalam penunjukkan menteri dan wamen baru

Acara pelantikan 2 menteri dan 3 wamen di Istana Negara, Rabu (15/6).
Acara pelantikan 2 menteri dan 3 wamen di Istana Negara, Rabu (15/6). (dok. Setkab)

Jokowi mengatakan, dalam memilih Menteri dan Wamen, pemerintah mempertimbangkan banyak hal dengan matang. “Ya melihat semuanya, rekam jejak, pengalaman, kemudian terutama untuk skill manajerial, karena sekarang bukan hanya makro saja, tapi mikronya juga harus secara detail dikerjakan,” katanya.

Zulkifli Hasan, menurut Jokowi, dinilai tepat untuk menempati pos Menteri Perdagangan karena memiliki banyak pengalaman di lapangan, terutama untuk menyelesaikan masalah lebutuhan pokok rakyat. Meski ekspor juga menjadi urusan Mendag, Jokowi menegaskan, ”Yang terpenting adalah urusan kebutuhan pokok di dalam negeri harus bisa kita jaga,” katanya.

Sedangkan, Hadi Tjahjanto dipilih sebagai Menteri ATR/Kepala BPN, karena memiliki penguasaan teritorial yang terbukti mumpuni saat menjabat sebagai Panglima TNI. “Urusan yang berkaitan dengan sengketa tanah dan sengketa lahan, sebanyak-banyaknya harus bisa diselesaikan. Yang kedua adalah urusan sertifikat,” ucapnya.

Zulkifli Hasan siap untuk langsung bertugas

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan.
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan. (Tangkapan Layar)

Related Topics