NEWS

Proyek PLTA Rp40 T Groundbreaking, Jokowi: Industri Hijau Terdongkrak

Produk industri hijau harus didukung sumber energi hijau.

Proyek PLTA Rp40 T Groundbreaking, Jokowi: Industri Hijau TerdongkrakProyek pembangunan PLTA Mentarang Induk. (Tangkapan layar)
01 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mentarang Induk yang dibangun  PT Kayan Hydropower Nusantara, di Kalimantan Utara. Hadirnya PLTA ini diharapkan memacu pertumbuhan kawasan industri hijau, seperti Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) yang berada di Bulungan, Kalimantan Utara.

“Ini bukan pekerjaan yang mudah dan membutuhkan anggaran biaya yang tidak kecil US$2,6 miliar, kalau dirupiahkan kira-kira Rp40 triliun, sebuah nilai yang sangat besar sekali,” ujar Jokowi dalam acara Groundbreaking PLTA tersebut, Rabu (1/3).

PLTA Mentarang Induk nantinya berkapasitas sebesar 1.375 megawatt dan berpotensi menghasilkan energi listrik 9 Terawatt per jam (TWh). Ia pun berharap PLTA Mentarang Induk bisa segera beroperasi dan terhubung dengan KIPI Bulungan, yang berjarak sekitar 300 kilometer.

“Karena energinya hijau, produk-produk yang dihasilkan nanti yang di Bulungan, di KIPI Bulungan, juga produk-produk hijau, produk-produk yang emisi karbonnya rendah, produk-produk yang memiliki harga yang premium tetapi kompetitif,” katanya.

Masa depan

Presiden Jokowi meresmikan Groundbreaking Proyek Pembangunan PLTA Mentarang Induk, Rabu (1/3)
Presiden Jokowi meresmikan Groundbreaking Proyek Pembangunan PLTA Mentarang Induk, Rabu (1/3). (Tangkapan layar)

Menurut Jokowi, transformasi ekonomi hijau adalah masa depan Indonesia. Oleh sebab itu, kesuksesan KIPI Bulungan juga akan sangat bergantung pada keberadaan sumber-sumber energi yang ramah lingkungan di sekitarnya.

Di kawasan KIPI Bulungan akan dibangun sejumlah pabrik besar yang mendukung ekosistem kendaraan listrik.

"EV battery, baterai untuk mobil-mobil listrik, plus mobil listriknya ada di sana nanti. Yang kedua, aluminium, industri aluminium, yang juga akan dibangun di KIPI nanti. Aluminiumnya, aluminium hijau karena dari energi hijau. Kemudian yang ketiga, ada petrokimia yang juga semuanya segera dimulai,” kata Jokowi.

Kerja sama

Presiden Jokowi dalam acara Groundbreaking PLTA Mentarang Induk. Rabu (1/3).
Presiden Jokowi dalam acara Groundbreaking PLTA Mentarang Induk. Rabu (1/3). (Tangkapan layar)

Related Topics