NEWS

Kemenparekraf Bakal Luncurkan Sistem Perizinan Event Berbasis Digital

Industri event bisa jadi pemicu tumbuhnya ekonomi nasional.

Kemenparekraf Bakal Luncurkan Sistem Perizinan Event Berbasis Digitalilustrasi keramaian konser / Pixabay

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

22 February 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan bahwa sistem perizinan penyelenggaraan event berbasis digital akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

Menurutnya, selama ini proses perizinan penyelenggaraan event seringkali dianggap sulit, berbelit-belit, dan mahal. “Tahun 2023, masa mau begitu terus, kita harus lakukan perubahan. Oleh karena itu, saya dapat langsung perintah dari Bapak Presiden untuk membahas perizinan dan mudah-mudahan langsung disepakati,” katanya saat membuka Indonesia Event Management Sumiit (IVES) 2023, di Senayan, Selasa (21/2).

Gagasan ini sudah dibahas dalam rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan ditargetkan nfrastruktur daring ini akan rampung bulan depan, diikuti trial selama satu bulan di sejumlah wilayah. “Akan mencakup level di seluruh Kementerian dan Lembaga (K/L), pemerintah daerah, TNI dan Polri, sampai tingkat Kapolsek. Kita harapkan semua terintegrasi dalam satu aplikasi,” katanya.

Keuntungan sistem perizinan digital

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. (dok. Kemenparekraf)

Dengan adanya sistem ini proses perizinan penyelenggaraan event akan lebih transparan, akuntabel, dan bisa dipertanggungjawabkan. “Independen, tidak ada like dan dislike, bahwa event itu kita sejajarkan bagaimana dikategorikan dengan baik,” ujar Menteri Sandiaga.

Ia mengatakan bahwa ketidaksetaraan atau mismatch dalam penyelenggaraan event juga akan semakin mudah dihindari, setelah platform perizinan event secara elektronik ini berlaku. Menurutnya, semua event yang diadakan di Indonesia harus diperlakukan secara adil.

Pemicu kebangkitan ekonomi

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. (Fortuneidn/Bayu)