NEWS

Kementerian ESDM: Sertifikasi Jadi Bukti Peran Swasta Dukung EBT

Sertifikasi REC jadi bukti penerapan EBT lebih transparan.

Kementerian ESDM: Sertifikasi Jadi Bukti Peran Swasta Dukung EBTIlustrasi sumber energi terbarukan. (Pixabay/Seagul)
24 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa sertifikasi energi terbarukan (Renewable Energy Certificate/REC) dapat membuktikan peran sektor swasta mendukung pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT).

Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Strategi Percepatan penerapan Energi Transisi dan Pengembangan Infrastruktur, Egi Syahrial, mengatakan pelaku sektor swasta merupakan bagian dari jajaran pemangku kepentingan yang membantu pemerintah melaksanakan transisi energi. "Salah satu bentuk dukungan swasta dalam pengembangan EBT misalnya dengan pemanfaatan pembangkit listrik tenaga EBT," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM, Jumat (24/3).

Menurutnya, dibutuhkan kolaborasi bersama antara pemerintah, swasta, BUMN, akademisi, asosiasi, lembaga lainnya, termasuk masyarakat untuk memenuhi target penurunan emisi Gas Rumah Kaca sebesar 32 persen dengan kemampuan sendiri atau 41 persen dengan dukungan internasional, pada 2030.

REC

Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Strategi Percepatan penerapan Energi Transisi dan Pengembangan Infrastruktur, Egi Syahrial.
Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Strategi Percepatan penerapan Energi Transisi dan Pengembangan Infrastruktur, Egi Syahrial. (dok. kementerian ESDM)

REC merupakan instrumen pengakuan atas penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) sekaligus sebagai opsi pengadaan untuk pemenuhan target penggunaan EBT yang lebih transparan. 

"Sebagai ilustrasi, 1 unit REC diterbitkan berdasarkan produksi 1 MWh energi listrik dari pembangkit EBT, dengan standar yang diakui secara internasional. REC ini harus melalui suatu proses tracking system dan due diligence yang dilakukan oleh badan internasional," katanya.

Pemanfaatan EBT oleh Sinar Mas Land

Sinar Mas Land Head Office.
Sinar Mas Land Head Office. (dok. Sinar Mas Land)

Related Topics