NEWS

Kementerian PUPR Utamakan Bahan Lokal dalam Pembangunan IKN Nusantara

SDM juga memprioritaskan pekerja dari sekitar IKN Nusantara.

Kementerian PUPR Utamakan Bahan Lokal dalam Pembangunan IKN NusantaraFoto udara proses pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 2 di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (4/10). (ANTARAFOTO/Rivan Awal Lingga)
16 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan memberikan manfaat bagi masyarakat, antara lain melalui penggunaan produk dalam negeri dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan pembangunan Infrastuktur IKN Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga, mengatakan para pelaku pembangunan proyek IKN diwajibkan menggunakan produk TKDN.

“Di dalam kontrak itu ada pilihan material atau barang tersebut produksi dalam negeri, maka pilihannya adalah produk dalam negeri harus digunakan dan masuk ke dalam kontrak,” katanya dalam keterangan terulis, Senin (16/1).

Menurutnya, ketentuan wajib terkait TKDN ini sudah masuk dalam proses pelelangan, sehingga otomatis masuk ke dalam kontrak pembangunan. “Hal-hal yang berhubungan dengan produksi dalam negeri atau TKDN, intinya harus masuk dalam kontrak,” ujar Danis.

TKDN hingga 80 persen

Ilustrasi : ibu kota negara di Kalimantan Timur
Instagram/ Nyoman Nuarta

Koordinator V Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi (LPJK) Kementerian PUPR, Manlian Ronald, mengungkapkan penggunaan TKDN dalam proyek IKN akan didorong hingga mencapai 80 persen.

Strategi yang pertama dilakukan adalah mendorong tenaga kerja kontruksi, aplikator, material, hingga badan usaha dan penyedia jasa untuk menyediakan sumber daya manusia dari Indonesia.

Selain itu, material yang digunakan untuk pembangunan pun diusahakan berasal dari dalam negeri. Kalau pun harus menggunakan material dari luar negeri, pemerintah akan mengupayakan pabriknya berada di Indonesia, termasuk peralatan, perakitan, hingga ketersediaan suku cadang.

SDM dalam negeri

Peserta mengikuti pelatihan pekerja konstruksi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di SMKN 1 Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (6/10).
Peserta mengikuti pelatihan pekerja konstruksi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di SMKN 1 Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (6/10). (ANTARAFOTO/Rivan Awal Lingga)

Related Topics