NEWS

Lantik AHY dan Hadi Tjahjanto, Jokowi Buka Kemungkinan Reshuffle Lagi

Berdampak pada pembentukan peta politik baru di Indonesia.

Lantik AHY dan Hadi Tjahjanto, Jokowi Buka Kemungkinan Reshuffle LagiJokowi lantik AHY dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN dan Menkopolhukan. (dok. Setpres)
21 February 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle kabinet. Hari ini, Jokowi resmi melantik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), dan menggeser Hadi Tjahjanto dari jabatan Menteri ATR/BPN menjadi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Jokowi mengungkap beberapa alasan memilih Hadi Jahjanto menempati posisi yang semula ditempati Mahfud MD.

“Kita tahu, Pak Menkopolhukam (Hadi Tjahjanto), dulu panglima, saya kira untuk mengatasi hal yang berkaitan dengan politik, hukum, dan keamanan, sangat siap. Saya tadi sudah pesan beberapa hal yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban, dan juga yang berkaitan dengan dukungan terhadap investasi yang akan masuk ke Indonesia,” ujar Presiden Jokowi kepada media, usai pelantikan, Rabu (21/2).

Sementara, alasan penunjukan AHY sebagai Menteri ATR/BPN, Jokowi mengatakan, pihaknya sama sekali tak ragu untuk menempatkan Ketua Partai Demokrat tersebut di kursi Menteri ATR/BPN, karena dianggap mumpuni dalam persoalan manajemen di kementerian tersebut. 

“Saya tadi sampaikan tiga hal ke Pak Menteri ATR/BPN, pertama yang berkaitan dengan sertifikat elektronik, harus didorong agar lebih masif. Yang kedua, target untuk HGU carbon trading yang berkaitan dengan PP (Peraturan Pemerintah), karena banyak yang ingin masuk. Ketiga, berkaitan dengan 120 juta bidang tanah untuk masuk ke PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap),” kata Jokowi.

Presiden menyebut pihaknya berniat untuk menjadi jembatan bagi semua yang terkait dengan kebinet di pemerintahannya. “Semua yang memang harus ketemu yang bisa saja ketemu, kalau memang nggak perlu ketemu, kenapa harus ketemu,” ujarnya.

Ia pun memberi sinyal mengenai kemungkinan Reshuffle Kabinet berikutnya. “Kalau kebutuhan memang mengharuskan ya kenapa tidak.”

Target Kinerja AHY

Pelantikan AHY dan Hadi Tjahjanto.
Pelantikan AHY dan Hadi Tjahjanto. (Tangkapan layar)

Usai dilantik, AHY mengatakan bahwa dirinya bersyukur karena ditunjuk sebagai Menteri ATR/Kepala BPN. “Ini adalah masa-masa yang tidak panjang, tapi saya selalu meyakini bahwa dalam waktu berapa pun, kita bisa berbuat yang terbaik untuk masyarakat dan juga negara,” katanya dalam keterangan pers.

AHY menceritakan bahwa penunjukkannya sebagai Menteri dimulai dengan Mensesneg yang menghubunginya pada Senin malam (19/2). Saat itu, AHY diberitahu bahwa dirinya diterima oleh Presiden Jokowi pada Selasa (20/2), di Istana Merdeka, tanpa tahu agenda yang akan dibicarakan.

Kabar tentang penunjukkannya baru disampaikan oleh Presiden dalam pertemuan tersebut/

Sebagai Menteri ATR/Kepala BPN, AHY menegaskan bahwa masalah keadilan bukan sekadar bagi-bagi sertifikat tanah, namun jadi perkara yang lebih mendalam.

“Kalau ATR/BPN bisa menghadirkan kepastian hukum, khususnya untuk tata ruang, lokasi dan tanah yang akan digunakan untuk membangun berbagai infrastruktur di skala strategis nasional maupun lokal, maka investasi akan bergerak,” katanya.

Sikap Demokrat

Menteri ATR/ Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono.
Menteri ATR/ Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono. (Tangkapan layar)

Related Topics