NEWS

Lima Negara Dengan Rasio Utang Terhadap PDB Terendah di Dunia

Utang bukan masalah, melainkan kemampuan membayar utang.

Lima Negara Dengan Rasio Utang Terhadap PDB Terendah di DuniaIlustrasi Utang/William Poter
28 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Sri Lanka beberapa waktu lalu sempat dinyatakan bangkrut dan utang negara adalah salah satu sebabnya. Masalahnya bukan pada utang, namun kemampuan negara tersebut untuk membayar utangnya. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui rasio utang terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) suatu negara.

Utang tidak bisa disalahkan, karena bukan jadi masalah utama pada kebangkrutan sebuah negara. Buktinya, ada beberapa negara yang memang memiliki utang besar seperti Jepang, namun masih tetap dikategorikan sebagai negara maju di kawasan Asia dan dunia.

Hampir semua negara di dunia memiliki utang dan ini bukan sesuatu yang buruk. Tetapi, ada beberapa negara yang memang memiliki utang cukup rendah, bahkan tidak punya utang. Melansir laporan Statista 2022, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa negara yang memiliki utang terendah, dilihat dari rasio utang terhadap PDB negara tersebut.

Makau

Makau.
Makau. (Pixabay/AndyLeungHK)

Negara pertama yang akan dibahas adalah Makau, yang masuk dalam administrasi khusus Cina. Dalam 15 tahun terakhir, negara ini dinyatakan memiliki nol utang oleh International Monetary Fund (IMF). Dengan demikian, rasio utang negara ini terhadap PDB-nya juga nol persen.

Sebagai salah satu negara terkaya di Asia, Makau merupakan tujuan wisata perjudian internasional. Tak hanya bagi Asia, namun juga dunia, bahkan ia dijuluki sebagai Las Vegas dari Asia. Adapun pendapatan per kapita negara ini mencapai US$45.421,6.

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam.
Brunei Darussalam. (Pixabay/AdamHillTravel)

Related Topics