NEWS

Live Streaming jadi Cara Baru Jualan dan Promosi Bisnis

Live streaming memberikan keuntungan pada bisnis.

Live Streaming jadi Cara Baru Jualan dan Promosi BisnisSesi pertama di stage Trifecta, Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022, Kamis (29/9). (IDN Media/Riyo Medsos)
30 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perkembangan teknologi membuat dunia makin tak berbatas. Live streaming merupkana cara baru menjangkau audience yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang bisnis sekaligus promosi produk baru di era ini.

Live streaming adalah platform yang bisa dimanfaatkan untuk membuka peluang bisnis secara makro ekonomi, tanpa batasan,” ujar Head of Live Streaming Lazada Indonesia, Ogie Baringbing, di Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022, Kamis (29/9).

Dari sisi e-commerce ada dua akselerator perkembangan teknologi live streaming saat ini, yakni kemajuan teknologi yang membuat semakin banyak platform hadir dengan fitur yang beragam, dan kebutuhan orang yang harus terpenuhi sekalipun dalam situasi yang tak baik, seperti pandemi.

“Karena ada kebutuhan, jadinya orang masih bisa menikmati hidupnya dengan berbelanja walaupun dalam situasi terkurung. Akhirnya, untuk memenuhi kebutuhan, orang mau nggak mau harus melek live streaming,” katanya.

Engagement dengan audiens

Sesi pertama di stage Trifecta, Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022, Kamis (29/9).
Sesi pertama di stage Trifecta, Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022, Kamis (29/9). (IDN Media/Riyo Medsos)

Senada dengan Ogi, salah satu Content Creator & Streamer di IDN Live, Bangpen, mengatakan teknologi memudahkan para kreator konten dalam mencari engagement dengan audiensnya. “Mencari engagement itu tidak sulit sekarang, yang penting adalah nilai branding dan kenyamanan penonton saat melihat konten kalian," ujarnya.

Menurutnya, nilai adalah sesuatu yang penting untuk diperhatikan oleh para kreator konten. Selain itu, kedekatan konten dengan gaya hidup audiens akan menentukan daya tarik materi yang ditawarkan konten tersebut. Hal ini pun akan berdampak pada self-branding dari sang kreator, yang lebih ‘mengikat’ daripada isi konten itu sendiri.

Penghubung antarmasyarakat

Sesi pertama di stage Trifecta, Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022, Kamis (29/9).
Sesi pertama di stage Trifecta, Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022, Kamis (29/9). (IDN Media)

Related Topics