NEWS

Bermacam Generasi yang Ada di Dunia Kerja, Kamu Termasuk yang Mana?

Karakter generasi pekerja mempengaruhi kinerja perusahaan.

Bermacam Generasi yang Ada di Dunia Kerja, Kamu Termasuk yang Mana?ilustrasi pegawai kantor (unsplash.com/Desola Sector 6)
05 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pengelompokan generasi pekerja menjadi faktor penting kerap dilakukan dalam dunia kerja. Perbedaan zaman mempengaruhi pola pikir dan cara bekerja yang pada akhirnya mendukung perusahaan.

Dr. Alexis Abramson dalam artikel BBC, seorang pakar yang dikenal sebagai ‘generational cohorts’ atau ‘pengelompokan generasi’, mengungkapkan pembagian generasi dilakukan kapan kita lahir akan mempengaruhi perilaku, persepsi, nilai, dan kebiasaan.

Berdasarkan Hasil Sensus Penduduk 2020 per September 2020 terdapat 270,20 juta penduduk Indonesia. Penduduk tersebut terbagi kedalam 6 generasi berdasarkan tahun lahirnya. Namun, seperti apa pemetaan generasi yang ada di Indonesia? Berikut ini, Fortune Indonesia mengulasnya dengan mengutip dari ecampuz.com.

Pre Boomer

Pre boomer.
Pre boomer. (pixabay/Alexandra_Koch)

Generasi ini lahir sebelum tahun 1945 dan melewati zaman ‘The Greatest Depression’. Situasi tersebut membuat pre boomers memiliki jiwa yang tangguh karena hidup di masa kondisi perekonomian global dalam situasi sulit akibat perang.

Di Indonesia saat ini hanya terdapat sekitar 1,87 persen generasi ini, atau sekitar 5,03 juta jiwa. Latar belakang ini membuat para pre boomers memiliki sejumlah karakter, seperti:

  • Berjiwa kepemimpinan yang tinggi serta bertanggungjawab
  • Patriot yang tak perlu diragukan
  • Kurang berani berpendapat karena kebebasan berpendapat begitu dibatasi
  • Berpengalaman melewati berbagai zaman
  • Taat hukum dan kewajiban
  • Sangat berhati-hati dan konservatif dalam membelanjakan uang

Baby Boomers

Baby boomer.
Baby boomer. (Pixabay/Jorodin)

Related Topics