NEWS

Kabar Delegasi RI Kunjungi Israel Demi Penanganan Covid-19 Dibantah

BNPB tegaskan kabar yang beredar di media tidak benar.

Kabar Delegasi RI Kunjungi Israel Demi Penanganan Covid-19 DibantahIlustrasi bendera Israel. (Pixabay/edu_castro27)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

19 January 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Delegasi Indonesia dikabarkan mengunjungi Israel selama beberapa hari  guna membahas strategi penanganan pandemi Covid-19. Kabar tersebut mencuat, setelah media Israel, Jerusalem Post menayangkan berita tersebut pada Senin, (17/1). 

Jerusalem Post melaporkan, salah satu dari delegasi Indonesia yang berkunjung tersebut adalah Suharyanto, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kunjungan ini pertama kali dilaporkan oleh Radio Angkatan Darat.

Seperti diketahui, Israel adalah salah satu negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Hal ini terkait dengan dukungan Indonesia pada kemerdekaan Palestina. Namun, kontak Israel dan Indonesia mulai sering terjadi, sejak Trump berusaha meyakinkan Indonesia untuk menormalisasi hubungan pada 2020.

Tanggapan BNPB

Terkait beredarnya informasi ini di media internasional, Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menegaskan kabar kunjungan Delegasi Indonesia ke Israel dalam rangka membahas strategi penanganan COVID-19 baru-baru ini tidak benar. 

Ia mengatakan, Suharyanto tidak pernah bertemu dengan pejabat Israel, bahkan tidak pernah melakukan kunjungan ke luar negeri sejak dilantik sebagai Kepala BNPB pada 17 November 2021. 

Israel terus tawarkan hubungan dengan indonesia

Kementerian Luar Negeri Israel sendiri tidak mengkonfirmasi kunjungan Indonesia yang dilaporkan oleh radio angkatan darat  tersebut. Namun, Israel siap untuk berbagi informasi dan pengalaman dalam setiap kerja sama internasional untuk mengatasi virus corona.

Meski Indonesia kerap menolak, Israel kabarnya terus menawarkan jalur belakang untuk membuka jalur hubungan diplomatik. Upaya pembukaan hubungan bilateral memang sudah beberapa kali tercetus di pihak Indonesia, namun dukungan kuat terhadap Palestina seringkali mengurungkan upaya yang dilakukan.

Dalam kunjungannya ke Indonesia bulan Desember 2021, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken, sempat membahas normalisasi hubungan dengan Israel. Hal ini secara tidak langsung meneruskan upaya Donald Trump sebelumnya,