NEWS

Mengenal Scrubber, yang Diwajibkan Pemerintah Untuk Kurangi Polusi

Berfungsi untuk kurangi polusi yang dihasilkan industri.

Mengenal Scrubber, yang Diwajibkan Pemerintah Untuk Kurangi PolusiIlustrasi alat scrubber pada industri. (Wikimedia Commons)
31 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah akan mengambil langkah tegas dan memberikan sanksi tegas kepada industri-industri yang tidak mematuhi ketentuan untuk mengurangi polusi udara. Salah satu ketentuannya, yakni melalui pemasangan scrubber.

Tak main-main, pemerintah bahkan dapat menutup industri yang tak mematuhi aturan ini. “Saya kemarin di rapat sudah sampaikan, kalau tidak mau memperbaiki, tidak pasang scrubber, tegas untuk ini karena harga kesehatan yang harus kita bayar itu sangat mahal ya,” katanya dalam keterangan di laman Setkab, Rabu (30/8).

Meski demikian, penanganan polusi udara memang butuh waktu untuk dilakukan secara bertahap. “Saya kira ini memang perlu kerja total, kerja bersama-sama, tetapi memerlukan waktu, tidak bisa langsung,” ujarnya.

Lalu, apa yang dimaksud dengan scrubber? berikut ulasannya seperti yang dikutip dari madenginer.com.

Pengertian

Madenginer menuliskan, scrubber merupakan alat yang berfungsi untuk mengendalikan dan membersihkan polusi hasil aktivitas industri dengan menggunakan liquid atau cairan dan berfungsi untuk mempurifikasi berbagai macam polutan dari aliran gas. Cairan yang digunakan biasanya adalah air, meskipun terdapat berbagai macam carian lain, seperti asam sulfat.

Keberadaan scrubber sangat membantu para pemilik industri untuk membersihkan limbah gas yang menjadi momok menakutkan bagi lingkungan. Meski tidak murah, dengan scrubber, polusi hasil buangan industri kini bisa dinetralkan dan tidak mengganggu lingkungan. Bahkan, teknologi scrubber saat ini juga bisa digunakan untuk mengendalikan emisi gas.

Cara kerja

Secara umum, scrubber bekerja dengan menetralisir partikel-partikel berbahaya pada gas buang industri sebelum dilepas ke udara bebas. Scrubber akan membawa aliran gas buangnya untuk disaring dengan cairan pembersihnya, kemudian partikel-partikel berbahaya pada gas akan terfilter pada scrubber, dan sisa gas yang sudah terpurifikasi akan dilepas ke udara.

Proses pemfilteran gas buang dengan cairan yang ada pada teknologi scrubber disebut absorpsi, karena partikel berbahaya pada aliran gas akan diserap oleh cairan pencucinya. Tingkat larutan cairan pencucinya akan mempengaruhi sejauh mana partikel berbahaya pada gas dapat diserap. Oleh sebab itu, cairan pencuci yang digunakan pun harus benar-benar diperhatikan.

Selain air, cairan pencuci lain baik yang berbahan organik maupun anorganik juga bisa digunakan. Lalu, beberapa zat kimia juga bisa ditambahkan pada cairan pencuci untuk menetralisir gas tertentu. Bila dioperasikan dengan benar, kadar pembersihan partikel bahaya yang diproses oleh scrubber akan semakin besar, dan gas yang sudah dipurifikasi tak akan mengganggu lingkungan saat dilepas ke udara.

Related Topics