NEWS

Pemkot Mataram Undur Festival Mandalika Sampai Event WSBK Usai

Festival Mandalika didukung dana bagi hasil cukai tembakau.

Pemkot Mataram Undur Festival Mandalika Sampai Event WSBK UsaiHariadi Mahsyar/Shutterstock
28 February 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah Kota Mataram mengundur waktu pelaksanaan Festival Mandalika, seiring akan dilangsungkannya event balap motor World Superbike (WSBK) 2023 di Sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit, pada 3-5 Maret 2023. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H Nizar Denny Cahyadi, mengatakan bahwa semula Festival Mandalika dijadwalkan akan diadakan pada 4-5 Maret 2023. “Kami sudah sepakat Festival Mandalika diundur pada minggu berikutnya, Direncanakan tanggal 11-12 Maret 2023. Lokasi tetap di Taman Loang Baloq,” ujarnya dalam keterangan, Selasa (28/2).

Menurutnya, pengunduran waktu ini dikarenakan banyak pihak yang terlibat dalam Festival Mandalika akan fokus di Sirkuit Mandalika. Selain itu, hal ini sesuai dengan keinginan Dinas Bea Cukai sebagai pendukung anggaran, tak memperbolehkan Festival Mandalika dilangsungkan secara bersamaan dengan ajang WSBK di Sirkuit Mandalika.

Dana Rp150 juta

Keindahan panorama di Sirkuit Mandalika, Lombok.
Keindahan panorama di Sirkuit Mandalika, Lombok. (ShutterStock/Hariadi Mahsyar)

Dalam Festival Mandalika, pemerintah sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp150 juta dari dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCT). “Untuk penggunaannya, kita tetap dipantau dan didampingi oleh tim DBHCT. Mau tidak mau, kita harus ikuti masukan dari pemberi dana, sebab kita tidak punya anggaran,” ujarnya.

Oleh karenanya, dalam acara juga akan dilakukan sosialisasi tentang rokok illegal. Namun, ia memastikan bahwa Festival Mandalika tetap akan jadi ajang hiburan bagi rakyat Pulau Lombok, khususnya di kawasan Mandalika, Lombok Tengah.

Masyarakat Mandalika diharapkan bisa memanfaatkan Festival ini sebagai ajang untuk menjual berbagai hasil kerajinan dan kuliner khas Lombok, di tengah perhelatan WSBK Mandalika. “Tapi, karena acaranya sudah selesai, harapannya, warga lokal bisa ikut berpartisipasi (di WSBK),” kata Nizar.

Terjual 20 ribu tiket

Salah satu gelaran World Superbike/WSBK.
Salah satu gelaran World Superbike/WSBK. (xboxygen.com)

Related Topics