NEWS

Penetapan IKN Dalam PSN Akan Bikin APBN Ngos-ngosan

IKN tidak bisa dibangun dengan terburu-buru.

Penetapan IKN Dalam PSN Akan Bikin APBN Ngos-ngosanPatok titik nol IKN Nusantara. (ANTARAFOTO/Bayu Pratama)
08 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menanggapi isu penetapan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio, menyampaikan bahwa keputusan ini akan membuat penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) lebih besar lagi ke depannya.

“Dari awal, saya sudah bilang kalau IKN itu bukan proyek sangkuriang. Itu butuh minimal 10 tahun. Jadi, kalau di-‘gas’ di depan seperti sekarang, ya anggarannya nggak kuat. Kita perlu perencanaan yang matang dulu lah,” ujarnya kepada Fortune Indonesia, Kamis (8/9).

Pembangunan IKN, menurut Agus, adalah proyek yang cukup mahal dan bila dimasukkan ke dalam PSN, tentu akan menimbulkan dampak besar bagi pengalokasian dana APBN di masa depan. “PSN itu ada jangka waktunya,” katanya. “Saya belum bahas dari sisi keuangannya, tapi yang jelas akan menyerap banyak dana yang bisa menyebabkan pekerjaan-pekerjaan lainnya terganggu atau menambah utang.”

Tidak bisa terburu-buru

Presiden Joko Widodo duduk di depan tenda usai memimpin prosesi penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara.
Presiden Joko Widodo duduk di depan tenda usai memimpin prosesi penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara. (ANTARAFOTO/Agus Suparto)

Menurut Agus, pembangunan IKN butuh perencanaan yang matang dari master plan, teknik sipil, arsitektur, planologi, sampai perihal antropologinya. “Kalau tidak, itu akan penuh konflik dan infrastrukturnya bisa kayak infrastuktur yang sekarang dibangun, banyak yang tidak terpakai. Karena tidak mendalam studinya, jadi jangan buru-buru,” katanya.

Agus menyampaikan bahwa pemerintah bisa saja menetapkan IKN ke dalam PSN, jika memang ada dananya. “Sekarang persoalannya, kita memiliki defisit, inflasi akan tinggi. Sebentar lagi Bank Indonesia akan menaikkan BI Rate-nya, pasti juga akan muncul beberapa hal yang perlu diperhatikan,” ujarnya.

Namun demikian, menurutnya IKN masuk ke PSN adalah keinginan Presiden yang harus bisa diwujudkan dan tidak bisa dihentikan sekalipun oleh para pembantunya. “Contoh kereta cepat, sampai sekarang kan masih belum selesai, dan itu masih terus bertambah. Ini sama, enggak bisa terburu-buru,” ujarnya.

Potensi risiko

Mobil melintas di jalan kawasan IKN.
Mobil melintas di jalan kawasan IKN. (ANTARAFOTO/Bayu Pratama)

Related Topics