NEWS

Pengertian Kebutuhan Primer, Sekunder, Tersier, dan Sifat Relatifnya

Kebutuhan primer, sekunder, dan tersier, bersifat relatif.

Pengertian Kebutuhan Primer, Sekunder, Tersier, dan Sifat RelatifnyaStok beras di gudang Bulog di Padang, Sumatra Barat. ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi
17 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kegiatan ekonomi lazim dilakukan manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhannya untuk mencapai kesejahteraannya. Berdasarkan intensitasnya, kebutuhan dasar manusia terbagi menjadi tiga macam, yakni kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Kebutuhan hidup manusia tidak hanya sebatas kebutuhan dasar semata, dan kini sudah berkembang seiring kehidupan dan peradaban. Berikut ini, Fortune Indonesia akan menguraikan perbedaan berikut pembahasan mengenai tiga jenis penggolongan kebutuhan hidup manusia.

Kebutuhan primer

Ilustrasi properti.
Ilustrasi properti. (ShutterStock_sommart sombutwanitkul)

Menurut International Labour Organization (ILO), kebutuhan primer ialah kebutuhan fisik minim masyarakat, berkaitan dengan kecukupan kebutuhan pokok setiap masyarakat baik masyarakat kaya maupun miskin. Kebutuhan ini memiliki level sangat penting untuk mendukung keberlangsungan hidup manusia.

Jenis ini mutlak dipenuhi oleh semua manusia, dan kita kenal dalam rangkaian kebutuhan sandang yang berupa pakaian, pangan dalam bentuk makanan, dan papan yang berarti tempat tinggal atau rumah. Meski begitu, terdapat beberapa kebutuhan di luar tiga hal di atas yang kini juga menjadi kebutuhan primer, seperti pendidikan dan kesehatan.

Kebutuhan sekunder

Seseorang yang sedang menggunakan HP
ilustrasi menggunakan HP (unsplash.com/Jonas Leupe)

Related Topics