NEWS

Manfaat Sustainable Shopping dan Penerapannya

Sustainable shopping jadi kesempatan selamatkan lingkungan.

Manfaat Sustainable Shopping dan PenerapannyaPenggunaan tas belanja untuk mengurangi plastik. (Unsplash/No Revisions)
20 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Isu keberlanjutan sepertinya semakin populer beberapa tahun terakhir. Tak hanya bisnis yang melihat dari sisi produsen, isu keberlanjutan bisa juga mulai diterapkan oleh para konsumen, seperti melalui sustainable shopping atau belanja berkelanjutan.

Menurut Oxfam.org.uk, mencatat bahwa sustainable shopping adalah berbelanja dengan cara yang tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Hal ini bisa difokuskan pada cara berbelanja dan membeli barang yang terbuat dari bahan ramah lingkungan yang dapat bertahan lama.

Intinya, sustainable shopping memastikan konsumen membeli berbagai produk yang bertanggung jawab pada keberlanjutan, tak merusak ekosistem, dan tidak mendukung eksploitasi manusia atau planet ini. Berangkat dari pengertian tersebut, Fortune Indonesia akan mengulas lebih jauh tentang sustainable shopping dari berbagai sumber.

Manfaat dan tujuan sustainable shopping

Kemeja produk upcycling Eiger Adventure.
Kemeja produk upcycling Eiger Adventure. (dok. Eiger)

Sustainable shopping adalah bagian dari upaya menyelamatkan bumi yang semakin digencarkan oleh berbagai kalangan di dunia. Pengurangan emisi karbon, pembayaran pajak karbon, hingga penggunaan energi baru terbarukan, adalah beberapa hal besar yang menjadi tumpuan upaya penyelamatan perubahan iklim.

Namun, upaya besar ini tak akan bisa menghasilkan bila tak didukung upaya kecil, seperti aktivitas berbelanja yang setiap saat dilakukan oleh seluruh penduduk dunia. Belanja adalah sebuah kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya, mulai dari makanan, pakaian, sampai kebutuhan sehari-hari seperti sabun, odol, atau shampoo.

Namun, konsumen kerap tak menyadari aktivitas itu bisa jadi menguras sumber daya bumi, mengakibatkan penggundulan hutan, pencemaran air dan tanah, penangkapan ikan berlebihan, dan perubahan iklim. Untuk alasan ini, planet ini membutuhkan orang-orang untuk mengadopsi kebiasaan belanja yang ramah lingkungan.

Indikator sustainable shopping

Penggunaan benda-benda bekas untuk kebutuhan penyimpanan.
Penggunaan benda-benda bekas untuk toples penyimpanan kebutuhan sehari-hari. (Unsplash/Annie Spratt)

Related Topics