NEWS

Presiden Berangkat ke AS Temui CEO Perusahaan Global Hingga Joe Biden

Presiden juga hadiri rangkaian pertemuan ASEAN-AS.

Presiden Berangkat ke AS Temui CEO Perusahaan Global Hingga Joe BidenPresiden Jokowi dan Ibu Iriana bertolak ke Washington DC, Selasa (10/5). (dok. Setpres)
10 May 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berangkat ke Amerika Serikat (AS) untuk menghadiri beberapa agenda pada 11-13 Mei 2022. Kegiatan yang akan dilaksanakan mulai dari pertemuan ASEAN-AS, pertemuan dengan Presiden AS, Joe Biden, hingga para pengusaha dunia.

“Bersama kepala negara negara ASEAN lainnya, saya akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan ASEAN-AS Special Summit selama dua hari,” ujar Joko Widodo dalam keterangan pers, Selasa (10/5).

Selain itu, rangkaian pertemuan lain yang dijadwalkan adalah pertemuan dengan anggota kongres, pertemuan dengan para CEO besar dari Amerika, dan juga pertemuan dengan Wapres Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika.

Presiden Jokowi dan delegasi direncanakan akan kembali ke Jakarta, segera setelah rangkaian pertemuan selesai pada Jumat (13/5). Presiden pun dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Minggu (15/5).

ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra

Presiden Jokowi saat sampaikan arahan dalam Sidang Kabinet Paripurna, Senin (9/5).
Presiden Jokowi saat sampaikan arahan dalam Sidang Kabinet Paripurna, Senin (9/5). (dok.Setkab)

Sebagai Koordinator Kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024, Indonesia menyatakan bahwa ASEAN siap bersinergi dengan seluruh mitra negara ASEAN, termasuk AS, dalam mengembangkan kerja sama konkret yang inklusif dan saling menguntungkan.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa Indonesia punya tanggung jawab menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera. “Indonesia berharap, KTT khusus ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, bagi stabilitas, dan bagi kemakmuran di kawasan,” ujarnya.

Luhut meyakini Jokowi akan bertemu Elon Musk

Menko Luhut, Menko Airlangga, dan Menkes Budi, dalam konferensi pers rapat kabinet, Senin (9/5).
Menko Luhut, Menko Airlangga, dan Menkes Budi, dalam konferensi pers rapat kabinet, Senin (9/5). (Tangkapan layar)

Related Topics