NEWS

Kadin Sebut RCEP Dorong Akses dan Arus Investasi Asing ke Indonesia

Apalagi, Indonesia saat ini jadi Ketua ASEAN.

Kadin Sebut RCEP Dorong Akses dan Arus Investasi Asing ke IndonesiaIlustrasi RCEP. (ShutterStock/Niphon Subsri)
02 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia), Arsjad Rasjid, mengatakan bahwa Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) bisa meningkatkan aksesibilitas dan mendorong arus investasi asing langsung (FDI) ke dalam negeri. 

Menurutnya, hal ini memungkinkan Indonesia bisa semakin berpeluang mengembangkan industri yang memiliki nilai tambah produksi. “Beberapa industri yang mampu mendapatkan manfaat investasi dari RCEP bisa beragam, dari sektor manufaktur, energi, infrastruktur, telekomunikasi, termasuk e-commerce dan layanan kesehatan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (1/3).

Sedangkan dalam jangka panjang, RCEP juga bisa meningkatkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia hingga 0,07 persen pada 2040. Dengan demikian, bakal terjadi stabilitas hubungan perdagangan Indonesia meski ada guncangan geopolitik global, bahkan meningkatkan peranan Indonesia dalam rantai pasok regional (RVC).

Meningkatkan akses pasar

Ketua Umum KADIN INdonesia, Arsjad Rasjid.
Ketua Umum KADIN INdonesia, Arsjad Rasjid. (dok. KADIN)

Arsjad juga menilai, ratifikasi RCEP menjadi salah satu upaya penting untuk meningkatkan akses pasar ke negara-negara anggota RCEP dibandingkan dengan perjanjian perdagangan ASEAN+1 (dengan Cina). “Selain itu, RCEP adalah blok ekonomi terbesar di dunia,” katanya.

Meski kini berjalan tanpa India, namun negara-negara RCEP–sepuluh negara ASEAN ditambah Cina, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru–sudah mewakili 29 persen PDB global serta 27 persen perdangan global dan 29 persen FDI.

Dengan demikian, hal ini bisa menjadi sinyal positif bagi kontribusi negara berkembang, seperti Indonesia, dalam merevisi penguasaan perdagangan regional yang lebih kuat dan efektif, di tengah ancaman resesi global pada era keterbukaan ekonomi.

Manfaat nyata

peta anggota ASEAN
ilustrasi peta anggota ASEAN (dok.wikipedia)

Related Topics