NEWS

Dongkrak Daya Saing Produk, Jokowi Resmikan Jembatan Kretek 2

Jembatan Kretek 2 dibangun dengan anggaran Rp364 miliar.

Dongkrak Daya Saing Produk, Jokowi Resmikan Jembatan Kretek 2Presiden Jokowi meresmikan Jembatan Kretek 2, di Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (2/6). (dok. Setpres)
02 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Kretek 2, di Yogyakarta, untuk mendukung Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Hadirnya infrastruktur ini diharapkan dapat mendukung daya saing produk dari Selatan Pulau Jawa kian kompetitif di pasaran.

“Kami harapkan kecepatan jalur logistik, mobilitas orang, mobilitas barang semuanya bisa lancar, karena kita telah memiliki Jalur Lintas Selatan,” ujarnya di Yogyakarta, Jumat (2/6).

Seperti diketahui, Jembatan Kretek terbentang di atas Sungai Opak ini memiliki panjang total 2,7 kilometer. Infrastruktur teersebut dibangun dengan total anggaran Rp364 miliar. Pembangunan Jembatan Kretek 2 termasuk dalam upaya pemerintah membangun koneksi jalan dari ujung barat sampai ujung timur Pulau Jawa melalui jalur lintas selatan.

Selesai 100%

Jokowi mengatakan, pembangunan infrastruktur jalur lintas selatan di beberapa wilayah Jawa segera rampung tahun ini. Setelah beroperasi, jembatan ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Dari ujung Banten nanti sampai ujung di Banyuwangi, di Jawa Timur, segera selesai tahun ini kalau sambung tadi. Kekurangan di Daerah Istimewa Yogyakarta 14 kilometer, kemudian yang di Jawa Timur 24 kilometer selesai, sambung semuanya, dan keadaan jalannya seperti ini,” ujar Jokowi.

Manfaat bagi masyarakat

Lurah Parangtritis, Topo menjelaskan kehadiran Jembatan Kretek 2 akan memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat dan pengguna yang melintas. “Sehingga masyarakat sangat apresiasi apa yang diprogramkan oleh pemerintah pusat lewat pemerintah daerah sekarang sudah terlaksana,” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan Jembatan ini sudah lama dinantikan oleh masyarakat. “Bapak Presiden, Pak (Menteri) PUPR, Pak Gubernur, Pak Bupati, semua pihak yang mendukung kegiatan ini sehingga sekarang menjadi kenyataan yang diidam-idamkan masyarakat bisa terlaksana dengan baik,” kata Topo.

Seorang penjual sate koyor, Ida, menyampaikan bahwa usahanya meningkat sejak adanya Jembatan Kretek II. “Manfaatnya banyak kita bisa ngasih peluang orang yang ekonominya menengah, bisa usaha di sana ramai alhamdulillah, pokoknya alhamdulillah bisa membantu warga, pokoknya terima kasih terima kasih Pak Jokowi,” katanya.

Related Topics