NEWS

Sejumlah Kementerian Turun Tangan Bantu Korban Gempa Cianjur

Korban meninggal gempa Cianjur capai jumlah 162 orang.

Sejumlah Kementerian Turun Tangan Bantu Korban Gempa CianjurKerusakan akibat gempa Cianjur. (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)
22 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah melakukan sejumlah langkah pemulihan pasca gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11). Gempa bumi magnitude 5,6 SR tersebut telah menimbulkan sejumlah kerusakan infrastruktur, bangunan hingga korban jiwa. 

Direktur Utama Adhi Karya, Entus Asnawi Mukhson, mengatakan Menteri BUMN, Erick Thohir, memerintahkan perusahaan tersebut untuk menurunkan alat berat untuk membuka akses jalan dari longsor.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat, serta BUMN yang ikut turun ke lokasi tersebut agar bantuan tepat sasaran,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (22/11).

Sebelumnya, Kementerian BUMN juga sudah membuat tim, mulai dari urusan logistik, tim medis, tim SAR, ata tim medis untuk menangani korban bencana, termasuk sanitasi.

Kementerian PUPR buka jalan

Proses pembersihan jalan yang putus akibat gempa Cianjur.
Proses pembersihan jalan yang putus akibat gempa Cianjur. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyampaikan telah melakukan pembersihan longsoran tanah pada ruas Cianjur-Cipanas. Menurutnya, pada Selasa (22/11), jalur sudah bisa terbuka kembali.

Menteri Basuki menyampaikan bahwa fokus PUPR saat ini penanganan longsor akibat gempa. “Hingga pukul 01.45 WIB, Selasa, total alat berat bekerja dari dua sisi yang berbeda (soso Cianjur di bagian selatan dan sisi Cipanas di bagian utara) adalah enam unit eskavator dan enam unit dump trucks,” katanya.

Kementerian PUPR akan berfokus pada ruas jalan yang tertutup longsoran dari tebing sepanjang 140 meter di dua titik. Dengan demikian, mobilisasi bantuan diharapkan bisa semakin lancar setelah jalan terbuka.

“Sekarang fokus pada pembersihan ruas jalan, agar bisa dilalui dari dua arah, serta evakuasi jenazah yang tertimbun longsoran,” kata Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra Atmawijaya.

Korban meninggal capai 162 orang

Aktivitas pencarian korban gempa Cianjur.
Aktivitas pencarian korban gempa Cianjur. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Related Topics