NEWS

Kementan Dorong Peningkatan Wawasan Pemasaran Pertanian

Wawasan pemasaran dibutuhkan agar pertanian terserap pasar

Kementan Dorong Peningkatan Wawasan Pemasaran PertanianANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp
28 March 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menagtakan  sektor pertanian dalam negeri memiliki peluang yang cukup menjanjikan dengan akses pasar yang terbuka lebar. Diperlukan sumber daya manusia (SDM) dengan kemampuan analisa pasar, sehingga mampu mendistribusikan komoditas pertanian ke pasar yang tepat. 

"Pertanian adalah sumber daya yang paling pasti. Sebab semua potensinya sudah terbuka lebar dan sangat menjanjikan," kata Menteri Syahrul dalam keterangan seperti dikutip Antaranews, Minggu (27/3).

Oleh karenanya, dibutuhkan peningkatan wawasan pemasaran pertanian dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) agar sektor ini dapat optimal dan produk pertanian bisa terserap dengan baik di pasaran.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan sektor pertanian pada 2021 mencapai 1,84 persen dibandingkan pada awal pandemi Covid-19 tahun 2020. Nilai ekspor sektor pertanian pada Februari 2022 juga mencapai US$340 juta, naik 10,36 persen (Year on Year/YoY).

Peningkatan kemampuan analisa pasar SDM pertanian

Sawah dan Petani. (Pixabay)

Saat ini, tidak sedikit kaum milenial yang punya cita-cita mulia di sektor pertanian, namun kurangnya kemampuan analisa pasar jadi tantangan yang banyak menumbangkan keinginan tersebut.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nusyamsi menjelaskan kemampuan analisa pasar dibutuhkan sebagai dasar strategi yang tepat dan selaras dengan kondisi riil di lapangan.

"Petani yang seperti itu (memiliki jiwa wirausaha tinggi) yang akan mampu menggenjot produktivitas, sehingga ke depan produk kita bertambah bahkan bisa diekspor dan diterima di pasar internasional," kata Dedi.

Pemanfaatan teknologi digital

Sektor pertanian dukung perekonomian nasional.
Sektor pertanian dukung perekonomian nasional. (dok.Kementan)

Related Topics