NEWS

Dampak Ekonomi MotoGP Mandalika Berpeluang Capai Rp500 Miliar

MotoGP Mandalika jadi momen kenalkan Indonesia pada dunia.

Dampak Ekonomi MotoGP Mandalika Berpeluang Capai Rp500 MiliarPebalap Team Suzuki Ecstar, Alex Rins, memacu sepeda motornya di depan pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder, saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022, Jumat (18/3). (ANTARAFOTO/Andika Wahyu)
18 March 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Rangkaian MotoGP Mandalika bakal digelar 18-20 Maret 2022 dan diperkirakan bisa memberikan dampak ekonomi dan memberikan pendapatan usaha hingga Rp500 miliar. Nilai dicapai dari penjualan tiket, akomodasi, tiket penerbangan, dan turunannya.

"Pertamina Grand Prix of Indonesia adalah bentuk nation branding, yang juga mendatangkan multiplier effect pada kemaslahatan masyarakat," kata Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Jumat (18/3).

Ia berharap, pendapatan Rp500 miliar sebagaimana yang diperkirakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini dapat benar-benar terwujud. Bila mengacu pada ajang World Superbike (WSBK) yang sudah diselenggarakan di Mandalika, tingkat okupansi hotel meningkat hingga 100 persen dan 20 persen lainya perkemahan.

Sementara itu, MotoGP merupakan sebuah perhelatan balap motor tingkat dunia yang ditonton oleh sekitar 400 juta pasang mata di lebih dari 200 negara di dunia. Oleh karenanya, momentum ini merupakan kesempatan baik untuk semakin memperkenalkan Indonesia ke masyarakat global.

Sirkuit Mandalika lolos tes homologasi

Detail area start Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Lombok Tengah, NTB, Kamis (17/3).
Detail area start Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Lombok Tengah, NTB, Kamis (17/3). (ANTARAFOTO/Andika Wahyu)

Abdulbar M Mansoer yang akrab disapa Bary menyampaikan bahwa sebelum acara digelar, pihak Federasi Olahraga Motor Internasional (FIM) melaksanakan homologasi, yaitu uji kelayakan sirkuit sebelum dipakai sebagai arena adu kencang 24 pebalap MotoGP. Hasilnya, Sirkuit Mandalika sudah dinyatakan lolos Homologasi.

"Kita berdoa bersama agar semua sesuai yang diharapkan," ujarnya.

Dengan hasil ini, Bary semakin yakin bahwa Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) siap menggelar seri kedua MotoGP musim 2022 bertajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia.

ITDC akan berkoordinasi dengan Komandan Lapangan MotoGP Mandalika, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto guna memantau perkembangan kepanitiaan dan acara.

Tiket MotoGP hari ketiga habis terjual

Pembalap MotoGP berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.

Related Topics