NEWS

Bidik 7,4 Juta Wisman, Menparekraf Sambut Turis Pertama di 2023

Pencabutan PPKM diharapkan bisa menopang peningkatan wisman.

Bidik 7,4 Juta Wisman, Menparekraf Sambut Turis Pertama di 2023Menparekraf sambut kunjungan wisman pertama di tahun 2023. (dok. Kemenparekraf)
02 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menyambut kedatangan turis pertama di tahun 2023 di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali. Sepanjang tahun ini, Kemenparekraf membidik kedatangan 7,4 juta wisatawan mancanegara (wisman).

Sandiaga, mengatakan beberapa wisman asal Korea Selatan yang juga mendapat sambutan hangat dari Menparekraf. Selain itu, ada pula pasangan dari Toronto yang akan berlibur selama satu bulan di Indonesia mengunjungi Bali, Yogyakarta dan beberapa destinasi lainnya.

“Jadi 1 Januari 2023 ini mudah-mudahan setelah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diakhiri akan menjadi lembaran baru dari pariwisata Indonesia,”  ujarnya dalam keterangan yang dikutip, Senin (2/1).

Standar pencapaian

Menparekraf sambut kunjungan wisman pertama di tahun 2023.
Menparekraf sambut kunjungan wisman pertama di tahun 2023. (dok. Kemenparekraf)

Melanjutkan pencapaian 2022 yang cukup baik, target 7,4 juta wisman di tahun 2023 akan menjadi standar baru Kemenparekraf. Selain itu, target wisatawan nusantara mencapai 1,2-1,4 miliar pergerakan selama setahun ke depan. Lama tinggal para wisatawan juga diharapkan bisa semakin lebih lama, sampai lebih dari 10 hari.

Khusus untuk Bali, sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia yang mendunia, Menteri Sandiaga menerapkan target sebesar 4 juta wisman. Hal ini akan ditopang juga oleh PPKM yang baru saja dicabut oleh Presiden Joko Widodo di akhir tahun 2022. “Mari kita jaga kesiapsiagaan kita, kewaspadaan kita apakah itu terkait cuaca yang ekstrem maupun jika ada peningkatan kasus COVID-19 di beberapa negara,” ujarnya.

Persiapan program

Menparekraf sambut kunjungan wisman pertama di tahun 2023.
Menparekraf sambut kunjungan wisman pertama di tahun 2023. (dok. Kemenparekraf)

Related Topics