NEWS

Dapat Anggaran Rp178 T, Menkes Ungkap 6 Fokus Prioritas Kesehatan

Prioritas anggaran mengarah peningkatan kualitas layanan

Dapat Anggaran Rp178 T, Menkes Ungkap 6 Fokus Prioritas KesehatanPresiden Jokowi didampingi Menkeu Sri Mulyani menyerahkan DIPA Kemenkes Tahun Anggaran 2023 kepada Menkes Budi Gunadi Sadikin. (dok. Setpres)
02 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo sudah menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2023 kepada Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin. Menkes menyatakan, ada 6 prioritas utama alokasi anggaran kesehatan pada tahun depan. 

Saat ini, priorotas pemerintah di bidang kesehatan telah bergeser dari penanganan pandemi Covid-19 menjadi peningkatan kualitas layanan kesehatan. Oleh sebab itu, Kemenkes akan memberikan alokasi anggaran yang cukup untuk revitalisasi fasilitas kesehatan hingga program yang bersifat promotif preventif.

Sementara, berdasarkan keterangan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang disiapkan pemerintah pusat untuk kesehatan mencapai Rp178,7 triliun dengan perincian belanja pemerintah pusat mencapai Rp118,7 triliun dan transfer ke daerah Rp60 triliun.

Berikut ini adalah 6 fokus Kemenkes yang menjadi prioritas dalam pengelolaan APBN 2023:

1. Pelayanan primer

Ilustrasi produk medis/Pexels

Menteri Budi Gunadi menyampaikan bahwa pelayanan primer jadi prioritas nomor satu. Oleh sebab itu, Kemenkes akan melakukan alokasi anggaran yang cukup untuk revitalisasi puskesmas, posyandu, kemudian program-program yang sifatnya promotif preventif.

"Itu adalah salah satu prioritas kita, menjaga agar masyarakat kita tetap sehat bukan mengobati orang sakit,” katanya dilansir dari laman Setkab, Jumat (2/12). 

2. Restrukturisasi rumah sakit

Rumah Sakit
ilustrasi rumah sakit (unsplash.com/Adhy Savala)

Related Topics