NEWS

Gibran Rakabuming Ingin Solo Jadi Kota Konser, Caranya?

Event di Solo berdampak positif ke perekonomian masyarakat.

Gibran Rakabuming Ingin Solo Jadi Kota Konser, Caranya?Patung Slamet Riyadi di Kota Solo. (Wikimedia Commons)
13 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menargetkanKota Solo menjadi Kota Konser, sehingga mampu meningkatkan perekonomian daerah.

Gibran berpendapat bahwa Kota Solo bisa hidup dari berbagai pelaksanaan event. “Kami lagi mulai semua, memperbanyak destinasi baru. Kemarin mas Anas (promotor konser) mendatangkan Dream Theater di Manahan, besok (Maret) Deep Purple di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS),” kata Gibran dalam keterangan pers, Jumat (13/1).

Untuk mewujudkan target Kota Konser, Gibran mengatakan terus bebenah dan menyiapkan tempat, termasuk untuk konser luar ruangan dan penambahan venue konser lainnya.

Tak hanya sebagai Kota Konser, Gibran juga ingin Solo menjadi Kota Rekaman, mengingat keberadaan studio music pertama di Indonesia, Lokananta, yang kini direvitalisasi serta  direncanakan selesai April 2023.

“Kalau sekarang saya lihat sedang dilakukan pembangunan gedung utama sama gedung rekaman, amphitheatersegera dibangun juga,” katanya.

Dampak positif

Gibran Rakabuming Raka

Menurut Gibran, melalui berbagai event yang diadakan di Kota Solo, hampir seluruh sektor lain merasakan dampak positifnya. “Multiplier effect-nya sangat terasa. 2023 ini tahun yang lebih berat, (tapi) saya yakin dengan sistem kerja seperti tahun kemarin, kami bisa survive dan menghindari resesi,” ujarnya.

Dengan berbagai dampak positif ini, Wali Kota Solo tak ingin rangkaian event berhenti di Kota Solo. “Saya juga sedang mengejar beberapa penampil yang fanbase-nya anak-anak muda. Sekali-kali harus mendatangkan K-Pop, soalnya (konser K-Pop) nggak pernah keluar dari Jakarta,” kata Gibran.

Pertumbuhan ekonomi

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. (Wikimedia Commons)

Related Topics