NEWS

Sinead, yang Terkenal dengan Lagu "Nothing Compares 2 U", Meninggal

Menghabiskan waktu enam tahun di RS jiwa.

Sinead, yang Terkenal dengan Lagu "Nothing Compares 2 U", MeninggalSinead O'Connor. | Pymouss, CC BY-SA 3.0 , via Wikimedia Commons
27 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Penyanyi beken asal Irlandia yang terkenal dengan gaya skinhead pada masa jayanya, Sinead O'connor, meninggal pada usia 56, Rabu (26/7) waktu setempat.

Sejauh ini tidak diketahui penyebab kematiannya. 

Keluarganya menyampaikan kehilangan atas kematian perempuan yang masuk Islam pada 2018 dan mengubah namanya menjadi Shuhada Sadaqat. "Dengan kesedihan mendalam, kami mengumumkan kabar mengenai wafatnya Sinead kami tercinta. Kerabat dan sahabatnya terguncang dengan kenyataan ini, dan memohon agar dapat diberikan privasi," begitu pernyataan resmi dari keluarga yang dikutip laman Irish Times (27/7).

Sinead telah lama diketahui bergulat dengan tekanan mental. Dia juga terbuka mengenai pergelutannya dengan kondisi kejiwaannya. Dalam wawancara dengan seorang jurnalis Inggris, Simon Hattenstone, pada 2020, Sinead bercerita bahwa dia telah mendekam di rumah sakit jiwa selama enam tahun. Saat itu dia menggambarkan depresinya dengan kegamblangan yang menggetarkan. "Selama ini aku sudah banyak hidup di 'rumah gila'. Praktis aku [baru] tinggal di dalamnya selama enam tahun," ujarnya dikutip The Guardian.

Dia sempat membagikan informasi pada akun Facebook pribadinya bahwa dia telah kembali lagi ke London, Inggris, setelah 23 tahun berkelana. Dia juga menyatakan tengah menyiapkan album yang rencananya bakal dirilis pada 2024. Sinead tidak lupa membagikan rencananya untuk menggelar tur ke berbagai benua pada tahun-tahun mendatang.

Kematian Sinead terjadi 18 bulan setelah putranya yang baru berusia 17, Shane, meninggal. Anaknya itu berpulang setelah kabur dari sebuah rumah sakit yang mengawasinya karena percobaan bunuh diri.

Secara keseluruhan, Sinead memiliki empat anak. 

"Nothing Compares 2 You"

Terlahir sebagai Sinead Marie Bernadette O'Connor di Gleanageary, Dublin, Irlandia, pada Desember 1966, penyanyi yang perokok berat itu memiliki masa kanak-kanak tidak menyenangkan, demikian warta BBC.

Dia merilis album perdana The Lion And The Cobra pada 1987 dan langsung mendapat sambutan hangat. Sejumlah lagunya masuk top 40 di Inggris dan Amerika Serikat.

Album keduanya I Do Not Want What I Haven't Got, berisi tembang "Nothing Compares 2 U" yang menjulangkan namanya. Lagu itu diciptakan oleh Prince dan berhasil mencapai tangga teratas lagu-lagu dunia, termasuk di Amerika Serikat dan Inggris. 

Total album yang telah diluncurkan oleh Sinead pada rentang waktu 1987 hingga 2014 adalah 10.

Pada 1991, dia dinobatkan sebagai artist of the year oleh majalah musik berwibawa, Rolling Stone. Dia juga diganjar Brit Award untuk kategori artis solo perempuan internasional.

Setahun berselang, sebuah insiden penting dalam kariernya terjadi ketika dia merobek foto Paus Yohanes Paulus II. Peristiwa itu berlangsung saat dia tampil dalam acara Saturday Night Live.

Menyusul sebuah penampilan akapela lagu Bob Marley, "War", Sinead menghadapkan wajahnya ke kamera dan berkata "lawan musuh yang sesungguhnya". Pernyataan itu sendiri merupakan bentuk protesnya terhadap pelecehan seksual anak di Gereja Katolik. 

Related Topics