NEWS

10 Negara Penghasil Minyak Terbesar di Dunia, Mana Saja?

Pemimpin industri minyak dunia

10 Negara Penghasil Minyak Terbesar di Dunia, Mana Saja?Ilustrasi pabrik minyak (unsplash/Andre robillard)
25 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Minyak bumi merupakan salah satu hasil tambang yang penting dalam kehidupan manusia. Pasalnya, minyak bumi banyak dipakai dalam kehidupan masyarakat, seperti bahan bakar minyak, bensin, dan produk kimia lainnya.

Tidak heran, jenis petroleum ini diproduksi dalam jumlah yang besar untuk memenuhi kebutuhan pasar. Di antara negara lainnya, ternyata ada Negara Penghasil Minyak Terbesar di dunia. Bahkan, produksi minyaknya bisa sampai puluhan juta barel.

Dilansir dari laman resmi Energy Information Administration (EIA), setidaknya ada 10 negara produsen minyak terbesar di dunia. Adapun daftar negara yang dimaksud sebagai berikut.

1. Amerika Serikat

Dikenal dengan julukan Negara Paman Sam, Amerika Serikat ternyata unggul dalam produksi minyak. Pada tahun 2023, Amerika Serikat sukses memproduksi minyak sebanyak 21,91 juta barel per harinya. Angka tersebut setara dengan 22 persen produksi minyak global.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, volume produksi mengalami peningkatan dari 18,9 juta barel per hari. Amerika Serikat memang sudah lama dikenal sebagai produsen minyak bumi di dunia sejak tahun 2013.

Dengan volume produksi tersebut, Amerika Serikat mengamankan tempat teratas di posisi pertama sebagai negara penghasil minyak terbesar di dunia.

2. Arab Saudi

Menyusul Amerika Serikat, Arab Saudi sukses mengamankan tempatnya di peringkat kedua. Untuk volume produksi minyak, Arab Saudi sukses mencapai angka 11,13 juta barel per hari atau setara dengan 11 persen produksi minyak dunia.

Sentra ladang minyak Arab Saudi terbesar di beberapa tempat, yaitu Ghawar, Safaniya, Khurais, Manifa, Shaybah, Qatif, Khursaniyah, Zuluf, dan Abqaiq.

Selain sebagai produsen minyak terbesar, negara ini juga merupakan eksportir minyak mentah terbesar pada tahun 2020. Maka dari itu, negara ini ermasuk ke dalam Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC).

Related Topics