NEWS

77 Rest Area Tol Trans Jawa Buat Istirahat Saat Mudik Lebaran

Istirahat di rest area Tol Trans Jawa agar nyaman saat mudik

77 Rest Area Tol Trans Jawa Buat Istirahat Saat Mudik LebaranIlustrasi rest area/Dok. ANTARANEWS/Ali Khumaini
11 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Tol Trans Jawa masih menjadi pilihan yang dilewati saat mudik Lebaran 2023, tetapi tak perlu khawatir kelelahan mengemudi karena ada rest area Tol Trans Jawa untuk beristirahat. 

Mengutip laman bpjt.pu.go.id, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan Jalan Tol Trans Jawa yang membentang hingga di ujung timur Pulau Jawa, yakni Banyuwangi. 

Tol Trans Jawa dibangun sejak sejak 1978. Hingga saat ini Jalan Tol Trans Jawa telah beroperasi dari Merak hingga Probolinggo sepanjang 1.056,38 kilometer. Diharapkan dengan bertambahnya ruas tol tersebut semakin melancarkan pendistribusian barang, dan jasa, serta meningkatkan roda penggerak perekonomian bagi masyarakat di Pulau Jawa.

Saat mudik Lebaran 2023, ada 77 titik rest area Tol Trans Jawa yang bisa Anda manfaatkan untuk kenyamanan selama mudik Lebaran 2023. Berikut ini daftar lengkapnya dan syarat untuk menggunakan rest area.

Tipe rest area

Ada 2 tipe rest area yang ada di tol, yakni rest area tipe A dan tipe B. Perbedaan utamanya terdapat pada ukuran lahan dan fasilitas yang tersedia di rest area

  • Rest area tipe A

Rest area tipe A memiliki fasilitas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Selain itu, ada fasilitas umum yang bisa digunakan pengguna jalan tol seperti area parkir, musala, pujasera atau tempat makan.

Ada pula fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM), toilet umum, minimarket, layanan kesehatan, hingga bengkel siaga. Daya tampung rest area tipe A kurang lebih hingga 700 kendaraan.

  • Rest area tipe B

Berbeda dengan tipe A, pada ukuran lahan rest area tipe B lebih dan tidak memiliki SPBU. Meskipun demikian, ada beberapa fasilitas umum penunjang seperti area parkir untuk sekitar 70 kendaraan, tempat ibadah, minimarket, toilet umum, ATM, hingga pujasera atau tempat makan.

Waktu istirahat di rest area dibatasi 30 menit

Korlantas Polri membatasi waktu istirahat para pemudik Lebaran 2023 di rest area hanya selama 30 menit. Demikian disampaikan Dir Kamsel Korlantas Polri, Brigjen Ery Nursasari dalam Diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9, Senin (10/4).

Menurutnya, kebijakan membatasi waktu istirahat selama 30 menit sudah dilakukan berdasarkan kajian matang.

"Terkait rest area, tadi kita sampaikan, para pengguna kita akan membatasi waktunya. Ini kita belajar dari pengalaman sebelumnya karena mekanisme manajemen di rest area," kata Ery.

Upaya pembatasan penggunaan rest area juga pengalaman pada 2022. Apabila tak dibatasi, maka situasi di rest area tidak terkontrol dengan baik. Bahkan kendaraan banyak menumpuk, sehingga memicu kepadatan di jalan tol.

"Ya dari pengalaman ini saat kendaraan masuk rest area menumpuk. sampai masyarakat masuk rest area sampai numpuk di bahu jalan bahkan sampai dua lapis," ujarnya.

Peraturan ini berlaku untuk semua tempat peristirahatan, termasuk di rest area Tol Trans Jawa untuk beristirahat saat mudik Lebaran.

Related Topics