NEWS

Ini Jalan Tol dengan Tarif Termahal di Indonesia

Tol Trans Sumatra, jalan tol dengan tarif termahal.

Ini Jalan Tol dengan Tarif Termahal di IndonesiaKendaraan melintas di Tol Trans Sumatera Ruas Binjai - Langsa Seksi 1 (Tol Binjai-Stabat), Stabat, Langkat, Sumatera Utara, Jumat (1/4). (ANTARAFOTO/Fransisco Carolio)
14 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Pemerintah hingga saat ini telah membangun jalan tol demi meningkatkan konektivitas, tapi tahukah Anda jalan tol dengan tarif termahal di Indonesia.

Di Indonesia jalan tol sudah dibangun sepanjang 2.578,02 km. Mengutip data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), bila dihitung dengan Suramadu ada 2.583,42 km ruas tol yang beroperasi di Tanah Air yang terbentang dari Jawa hingga Kalimantan.

tarif setiap tol di Indonesia berbeda-beda loh dan diantaranya ada yang mempunyai Penetapan tarif tol diatur dalam Peraturan Pemerintah no. 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Beleid tersebut mengatur besaran tarif tol bagi pengguna jalan tol, besar keuntungan biaya operasi kendaraan, dan kelayakan investasi. 

Jadi, di mana saja jalan tol dengan tarif termahal di Indonesia? Berikut ini perincian selengkapnya.

1. Pekanbaru-Dumai

Tol Pekanbaru-Dumai yang terbentang sepanjang 131,69 km masuk daftar jalan tol dengan tarif termahal di Indonesia. Tol yang masih menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera, mulai dibangun pada Juli 2017 dan diresmikan Presiden Joko Widodo pada 25 September 2020.

Untuk tarif tol Pekanbaru-Dumai, pengendara harus menyiapkan dana tak sedikit, berikut perinciannya berdasarkan golongan kendaraan.

  • Kendaraan Golongan I: Rp118.500
  • Kendaraan Golongan II dan Golongan III: Rp178.000
  • Kendaraan Golongan IV dan V: Rp237.000.

2. Cikopo-Palimanan

Pada urutan kedua dalam daftar jalan tol dengan tarif termahal di Indonesia ada Tol Cikopo-Palimanan atau dikenal dengan Tol Cipali.

Ruas tol Cipali merupakan ruas tol terpanjang yang ada di Pulau Jawa. Jalan tol ini membentang sepanjang 116 km dan menjadi bagian dari tol Trans Jawa.

Untuk perjalanan terjauhnya, Cikopo Palimanan memiliki tarif berbeda-beda berdasarkan golongan kendaraan.

  • Kendaraan Golongan I: Rp119.000
  • Kendaraan Golongan II dan III: Rp196.000
  • Kendaraan Golongan IV dan V: Rp246.000

Related Topics