NEWS

Merek Lokal RI Raih Potensi Transaksi Rp3 Miliar di Paris Fashion Week

Momentum mempromosikan produk-produk fesyen lokal.

Merek Lokal RI Raih Potensi Transaksi Rp3 Miliar di Paris Fashion WeekDok. Kemendag
18 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Merek lokal Indonesia semakin menyedot perhatian publik dunia di ajang Paris Fashion Week (PFW) Showroom Summer/Spring (S/S) 2023. Bertempat di Premiere Classe, di Jardin des Tuileries, Paris, produk Indonesia berhasil meraih potensi transaksi sebesar US$194,20 ribu atau sekitar Rp3miliar dalam dua tahun ke depan dan diperkirakan akan terus meningkat. Prestasi ini disumbang empat merek yang mengusung produk kelas atas, yaitu fesyen siap pakai, perhiasan, tas, aksesori, serta kosmetik.

Ajang PFW Showroom Summer/Spring (S/S) 2023 digelar pada 30 September–3 Oktober 2022. Empat jenama lokal Indonesia berhasil merebut perhatian para pemerhati fesyen dan buyers internasional. Keempat jenama lokal tersebut, yaitu SeanSheila, JewelRock, Kea, dan BLP Beauty.

Jenama SeanSheila mengusung produk fesyen siap pakai (ready to wear). JewelRocks mengusung berbagai variasi produk perhiasan. Sementara jenama Kea membawa produk tas/aksesori, dan jenama BLP Beauty mempersembahkan produk kosmetik. Lebih dari 10.000 buyer fesyen internasional yang berasal dari berbagai negara telah terpukau melihat produk-produk hasil karya putra puteri terbaik Indonesia.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, mengatakan keikutsertaan Indonesia yang kedua kalinya di PFW Showroom S/S 2023 ini merupakan momen yang tepat untuk mempromosikan produk-produk fesyen dari jenama lokal di kancah dunia.

"Partisipasi merek Indonesia pada PFW Showroom S/S 2023 kali ini telah berhasil sekali lagi meningkatkan atensi publik fesyen dunia, terutama yang berasal dari Paris terhadap produk fesyen Indonesia," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (18/10).

Keikutsertaan Indonesia pada PFW Showroom S/S 2023 terwujud atas kerja sama Kemendag dengan Kedutaan Besar RI di Paris, Ladresse Paris Agency, dan Tokopedia. "Saya mengapresiasi kerja sama yang terwujud antara seluruh pihak. Ke depannya, diharapkan kerja sama yang terjalin ini akan membawa jenama lokal lainnya dalam mengharumkan nama Indonesia di PFW,” ujarnya, menambahkan.

Bersaing dengan lebih dari 150 merek fesyen internasional

Sementara itu, Direktur Jenderal Perdagangan Ekspor Nasional menjelaskan, meningkatnya atensi ini ditandai dengan semakin banyaknya jumlah buyer fesyen PFW yang hadir ke stan Indonesia dan meningkatnya potensi transaksi terhadap produk fesyen Indonesia. Hal ini juga diperkirakan karena konsistensi Indonesia yang tampil secara regular dalam PFW yang dimulai di awal tahun 2022.

"Untuk itu, penting bagi Indonesia untuk tetap dapat memanfaatkan momentum ini dengan konsisten menampilkan produk fesyen Indonesia secara regular pada PFW. Ke depannya, keikutsertaan Indonesia di PFW Showroom S/S 2023 dapat disertai dengan kegiatan presentasi merek fesyen atau pun peragaan busana produk fesyen," ujar Didi.

Duta Besar RI Untuk Paris Mohamad Oemar mengungkapkan, KBRI Paris akan selalu mendukung promosi produk Indonesia untuk meningkatkan ekspor ke Prancis.

Atase Perdagangan Paris Ruth Joanna Samaria menambahkan, seluruh produk yang tampil pada PFW (S/S) 2023 Showroom ini telah melewati proses kurasi oleh pihak Ladresse Paris Agency yang merupakan mitra KBRI Paris dalam promosi produk fesyen Indonesia di Paris. Produk-produk tersebut bersaing dengan lebih dari 150 merek fesyen internasional yang berasal dari sejumlah negara termasuk Singapura, Filipina, Korea Selatan, Jepang, India, dan Maroko.

Ruth menjelaskan, sebelumnya Indonesia telah berpartisipasi di PFW Showroom Autumn/Winter B2B untuk pertama kalinya pada 4–7 Maret 2022 lalu di Palais Brongniart, Paris. Setiap tahunnya, PFW menjadi tuan rumah lebih dari 200 ruang pajang (showroom) produk fesyen, aksesori, perhiasan, dan gaya hidup.

Ruth menuturkan, partisipasi Indonesia tersebut telah berhasil meningkatkan respons positif buyer fesyen internasional di PFW. Masyarakat Indonesia juga turut antusias melihat keberhasilan produk fesyen Indonesia yang berhasil tampil secara resmi di PFW.

"Hal ini terbukti dengan terjadinya transaksi dan enquiries dari buyer internasional terhadap merek fesyen Indonesia di ajang PFW Autumn/Winter 2022 Showroom. Ini cukup membanggakan karena kepesertaan Indonesia pada PFW Showrooom baru berusia satu tahun,” kata Ruth.

Partisipasi Indonesia telah tercatat pada agenda resmi kegiatan PFW S/S 2023 melalui tautan: https://parisfashionweek.fhcm.paris/en/next-events/.

Related Topics