NEWS

Resmikan Kantor FIFA, Jokowi : Ini Akan Jadi Babak Baru Sepakbola RI

FIFA akan memberi dukungan manajemen pertandingan.

Resmikan Kantor FIFA, Jokowi : Ini Akan Jadi Babak Baru Sepakbola RIPresiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kantor FIFA di Jakarta. (Dok: Setkab)
10 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kantor Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) di Menara Mandiri II, Jakarta. Pendirian kantor tetap Asia Hub di Jakarta ini merupakan bentuk dukungan FIFA terhadap perkembangan sepak bola di tanah air.

“Keputusan FIFA untuk membangun kantor tetap Asia Hub di Jakarta membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar, yang sangat besar untuk mengembangkan dan memajukan persepakbolaan Indonesia di tingkat global,” ujarnya dikutip dari laman Setkab,  Jumat (10/11).

Ia juga berharap, dukungan FIFA, baik di manajemen pertandingan, di tata kelola keamanan, kemudian tata kelola perwasitan, manajemen keamanan di pertandingan, semuanya akan support dan panduan oleh FIFA. “Ini saya kira kita betul-betul memulai babak baru persepakbolaan Indonesia,” ujarnya. 

Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas kepercayaan dan komitmen FIFA terhadap sepak bola Indonesia serta pembangunan training center sepak bola di ibu kota baru Nusantara. 

Menurutnya, pemerintah berkomitmen mendukung dan memfasilitasi FIFA meningkatkan integritas dan kualitas sepak bola Indonesia. Indonesia juga siap bekerja sama mengembangkan infrastruktur olahraga melatih, mendidik dan mengembangkan bakat-bakat muda sepak bola Indonesia. Selain itu, Indonesia siap memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara Indonesia dengan komunitas sepak bola dunia.

“Saya berharap kehadiran FIFA di Jakarta menjadi langkah awal untuk mencetak prestasi gemilang bagi persepakbolaan Indonesia, meningkatkan kualitas kompetisi di seluruh Indonesia dan menginspirasi anak-anak muda untuk meraih impian, memperkuat sportivitas dan menyatukan dunia,” ujarnya.

Kantor baru FIFA

Presiden FIFA, Gianni Infantino mengatakan,  kantor baru ini nantinya akan ini 20-30 pegawai. Namun, ia tak menutup kemungkinan jumlah tersebut akan bertambah.

"Indonesia adalah negara besar, negara sepak bola yang berbasis di kawasan yang sangat penting di seluruh Asia Tenggara dan Timur," katanya.

Ia menginginkan, kehadiran kantor FIFA mampu memberikan dampak nyata, tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh kawasan.

"Tentunya kami bekerja untuk sepak bola Indonesia, bersama-sama demi keamanan dalam melawan pengaturan skor, demi integritas, dan yang paling penting demi perkembangan sepak bola putra dan putri, dengan pusat latihan bersama akademi FIFA," ujarnya. 


 

Piala Dunia U-17

Kepala Negara berterima kasih atas kepercayaan FIFA terhadap Indonesia selaku tuan rumah pada Piala Dunia U-17.

“Terima kasih atas kepercayaan anda terhadap Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Semoga ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk lebih banyak kegiatan FIFA lainnya di Indonesia,” tandas Presiden.

Presiden Jokowi dan Ibu negara, Iriana Joko Widodo bertolak menuju Jawa Timur (Jatim) dalam rangka kunjungan kerja, Jumat sore.

Dari Bandar Udara (Bandara) Internasional Juanda, Presiden dan rombongan langsung menuju Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya guna menghadiri Pembukaan Piala Dunia U-17 FIFA 2023.

Selain menghadiri pembukaan, Presiden dan Ibu Iriana juga sekaligus akan menyaksikan pertandingan sepak bola antara tim nasional Indonesia melawan tim nasional Ekuador.

Usai menyaksikan pertandingan, Presiden dijadwalkan untuk melanjutkan kunjungan kerjanya ke Riyadh, Kerajaan Arab Saudi, sebagai negara pertama lawatannya ke luar negeri.

Related Topics